Transformasi Digital Pembelajaran Project Citizen: Strategi Meningkatkan Keterampilan Intelektual Siswa di Era Society

Apriyanda Kusuma Wijaya, Randi Setia Nugraha, Khomarudin Khomarudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana digitalisasi model pembelajaran project citizen berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan intellectual siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain one groub pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Madinatunnajah (78 siswa) dan SMA PGRI Babakan (108 siswa) dari keduanya berjumlah 186 siswa. Kemudian untuk teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan mengambil sampel yang dijadikan kelas eksperimen yaitu siswa kelas XI MA Madinatunnajah Kota Cirebon yang berjumlah 21 siswa dan kelas XI SMA PGRI Babakan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 36 siswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa digitalisasi model pembelajaran project citizen berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan intellectual siswa dengan rata-rata besar peningkatan nilai pretes postes sebesar 10%. Keterampilan intelektual siswa menjadi bagian dari keterampilan hidup sebagai seorang warga negara atau keterampilan kewarganegaraan diera masyarakat 5.0

Full Text:

PDF

References


Ahmadin, A., Ilham, M. J., Mursidin, M., & Agaman, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Civic Disposition Peserta Didik di Kelas V SDN Taloyon Kecamatan Pagimana. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1842-1862.

Akhwani, A. (2018). Permbelajaran Ppkn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education and Human Development Journal, 3(2).

Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi akademik siswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 91-98.

Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis motivasi belajar siswa dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 132-140.

Budimansyah, D. (2019). Inovasi Pembelajaran Project citizen. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.

Creswell, John W. 2018. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education Inc.

Fajri, I. (2021). Implementation of The Project citizen Model In 21st Century Learning: The Project citizen. PENCERAHAN, 15(2), 169-187

Fasya, N. A., Wiranti, D. A., & Hamidaturrohmah, H. (2024). Efektivitas Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 5 SDN 2 Tahunan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 930-942.

Gumelar, A., Maftuh, B., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Project Citizen untuk Penguatan Karakter Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 37-45.

Hidayat, A. S., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Intensi Bermedia Sosial Pada Siswa Sma Negeri 11 Semarang. Jurnal Empati, 5(4), 694-699.

https://www.tinewss.com/indonesia-news/pr-1853617810/jumlah-pengguna-media-sosial-di- indonesia-pada-tahun-2022#

Iriansyah, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Critical Thinking Mahasiswa. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 62-72.

Jannah, H. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN LAMBARO ANGAN (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Junus, A., Hsu, Y. C., Wong, C., & Yip, P. S. (2023). Is internet gaming disorder associated with suicidal behaviors among the younger generation? Multiple logistic regressions on a large-scale purposive sampling survey. Journal of psychiatric research, 161, 2-9.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP: Systematic review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135-144.

Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988-999.

Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.

Mukhlisotin, F. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 214.

Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (Ctl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825-837.

Nggasa, H., Rahmadi, R., Sandy, A. T., & Putri, A. E. (2023). Pengaruh Model PBL Berbasis Media Video terhadap Keterampilan Intelektual pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 11 Samarinda. geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 31-44.

Nurhidayah, D., & Afifa, A. N. (2021). Penerapan Project Citizen Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(1).

Prajapati, R., Sharma, B., & Sharma, D. (2017). Significance of life skills education. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 10(1), 1-6.

Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6-10.

Rochmadi, N. W., Efendi, Y., & Rochastuti, L. A. (2024). Keterampilan Intelektual Warganegara: Studi Pada Peserta Didik Smkn 2 Tulung Agung. Jurnal Civic Hukum, 9(1).

Rohani, R., & Rube’i, M. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Intelektual melalui Penerapan Model Project Citizen pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Vox Edukasi, 10(2), 547771.

Rohmiyati, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan: Bahasa. ABEC Indonesia, 337-346.

Wijaya, A. K. (2018). Pengaruh Model Bermain Peran Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Keterampilan Kewarganegaraan Peserta Didik (Universitas Pendidikan Indonesia).

Wijaya, A. K., Gitono, U., & Adha, M. M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playing untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura, 1(2), 130-139.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i2.28692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.