Transformasi Digital Pembelajaran Project Citizen: Strategi Meningkatkan Keterampilan Intelektual Siswa di Era Society
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadin, A., Ilham, M. J., Mursidin, M., & Agaman, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Civic Disposition Peserta Didik di Kelas V SDN Taloyon Kecamatan Pagimana. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1842-1862.
Akhwani, A. (2018). Permbelajaran Ppkn Dengan Value Clarification Technique Berbantuan Role Playing Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa SMA. Education and Human Development Journal, 3(2).
Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh motivasi intrinsik dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi akademik siswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 91-98.
Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis motivasi belajar siswa dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 132-140.
Budimansyah, D. (2019). Inovasi Pembelajaran Project citizen. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.
Creswell, John W. 2018. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education Inc.
Fajri, I. (2021). Implementation of The Project citizen Model In 21st Century Learning: The Project citizen. PENCERAHAN, 15(2), 169-187
Fasya, N. A., Wiranti, D. A., & Hamidaturrohmah, H. (2024). Efektivitas Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 5 SDN 2 Tahunan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 930-942.
Gumelar, A., Maftuh, B., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Project Citizen untuk Penguatan Karakter Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 37-45.
Hidayat, A. S., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Intensi Bermedia Sosial Pada Siswa Sma Negeri 11 Semarang. Jurnal Empati, 5(4), 694-699.
https://www.tinewss.com/indonesia-news/pr-1853617810/jumlah-pengguna-media-sosial-di- indonesia-pada-tahun-2022#
Iriansyah, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen untuk Meningkatkan Critical Thinking Mahasiswa. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 62-72.
Jannah, H. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN LAMBARO ANGAN (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).
Junus, A., Hsu, Y. C., Wong, C., & Yip, P. S. (2023). Is internet gaming disorder associated with suicidal behaviors among the younger generation? Multiple logistic regressions on a large-scale purposive sampling survey. Journal of psychiatric research, 161, 2-9.
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP: Systematic review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135-144.
Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988-999.
Mollah, M. K. (2019). Kepercayaan diri dalam peningkatan keterampilan komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 1-20.
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Mukhlisotin, F. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 214.
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (Ctl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825-837.
Nggasa, H., Rahmadi, R., Sandy, A. T., & Putri, A. E. (2023). Pengaruh Model PBL Berbasis Media Video terhadap Keterampilan Intelektual pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMAN 11 Samarinda. geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 31-44.
Nurhidayah, D., & Afifa, A. N. (2021). Penerapan Project Citizen Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(1).
Prajapati, R., Sharma, B., & Sharma, D. (2017). Significance of life skills education. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 10(1), 1-6.
Purwanti, I., Indira, I., Sulistyowati, R., Isfadia, H., & Santoso, S. (2023). Pengenalan Dasar Chromebook sebagai Digitalisasi Pembelajaran. Ahmad Dahlan Mengabdi, 2(1), 6-10.
Rochmadi, N. W., Efendi, Y., & Rochastuti, L. A. (2024). Keterampilan Intelektual Warganegara: Studi Pada Peserta Didik Smkn 2 Tulung Agung. Jurnal Civic Hukum, 9(1).
Rohani, R., & Rube’i, M. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Intelektual melalui Penerapan Model Project Citizen pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Vox Edukasi, 10(2), 547771.
Rohmiyati, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan: Bahasa. ABEC Indonesia, 337-346.
Wijaya, A. K. (2018). Pengaruh Model Bermain Peran Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran PPKn Terhadap Keterampilan Kewarganegaraan Peserta Didik (Universitas Pendidikan Indonesia).
Wijaya, A. K., Gitono, U., & Adha, M. M. (2020). Kontribusi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Model Role Playing untuk Pengembangan Keterampilan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Universitas Tanjungpura, 1(2), 130-139.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i2.28692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.