Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kepekaan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Nurul Iman
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pembelajaran IPS yaitu untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa. Meskipun demikian, fenomena menunjukkan bahwa kepekaan sosial siswa masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan sikap individualis, kurangnya empati, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap kepekaan sosial siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs Nurul Iman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata (mean) N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 77,3% dengan kategori efektif dan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score kelas kontrol sebesar 68,9% dengan kategori cukup efektif sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak yang berarti model pembelajaran problem based learning efektif terhadap peningkatan kepekaan sosial siswa pada pembelajaran IPS. Dengan demikian, model pembelajaran problem based learning mampu membuat siswa memiliki kepekaan sosial yang baik melalui jalinan interaksi yang semakin erat dengan teman-temannya melalui pembelajaran IPS.
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, N. (2014). Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Sejarah. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 94–106.
Ambarwati. (n.d.). Guru IPS Kelas VIII. Wawancara, Rejo Agung, 26 Januari 2023.
Amboro, K., Kuswono, K., Karsiwan, K., & Afwan, B. (2023). Buku Panduan Pembelajaran Berbasis PjBL dan PBL dengan tema "Sejarah Lokal dan Cagar Budaya untuk Kurikulum Merdeka (B. Afwan (ed.); 1 ed.). Laduny Alifatama.
Azzahra, R., & Sadriani, A. (2024). Peranan Pengurus OSIS dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa di SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Pinisi Sociology Education Review, 4(1), 172–180.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Ilmu Pengetahuan Sosial Fase D: Untuk Kelas VII – IX SMP/MTs/Program Paket B. Kemendikbudristek.
Deporter, Bobbi; Readorn, Mark; & Nourie, S. S. (2014). Quantum Teaching. Kaifa.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Hadiyanti, D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 9 Kota Cirebon. Journal Of Social Research, 1(10), 1155–1163. https://doi.org/10.55324/josr.v1i10.247
Irmanita, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bio-Pedagogi, 7(1), 39. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i1.35727
Isjoni. (2007). Integrated Learning: Pendekatan Pembelajaran IPS di Pendidikan Dasar. Falah.
Isjoni. (2017). Integrated Learning: Pendekatan Pembelajaran IPS di Pendidikan Dasar. Falah.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Karsiwan, K., Sari, L. R., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. Journal of Social Science Education, 4(1), 39–52. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/6612/3245
Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Retno Sari, L. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. Malaqbiq, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.46870/jam.v2i1.513
Karsiwan, & Pujiati. (2018). Jejak-Jejak Politik Etis Pemerintah Kolonial Belanda Sebagai Alternatif Sumber Belajar IPS Di Sekolah. Jurnal Tekstual, 16(31), 1–23.
Karsiwan, Pujiati, & Rufaidah. (2017). Pembelajaran IPS Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Siswa SMK Farmasi Cendekia Farma Husada. Jurnal Penelitian Humano, 8(1), 1–13.
Karsiwan, Sari, L. R., & Tusriyanto. (2022). Jejak Perkembangan Lada Masa Kesultanan Banten Di Lampung, 1662-1772. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 8(2), 50–62.
Maslahah, W., Rofiah, L., & Makrifah, D. (2022). Pembelajaran IPS dalam Manifestasi Keterampilan Abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang. ENVITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 169–182.
Muttakin, A. (1998). Pengantar Ilmu Sosial. Depdikbud.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudra Biru.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudra Biru.
Natasha, Z. N. J. N. I. S. (n.d.). Siswi kelas VIII MTs Nurul Iman. Wawancara, Rejo Agung, 20 Januari 2023.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24–35.
Pribadi, B. A. (2009). Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. UPI.
Putri, D. S., & Yanzi, H. (2020). Analisis Kepekaan Sosial Generasi (z) di Era Digital dalam Menyikapi Masalah Sosial. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 17–23.
Ratnawati, D., & Karsiwan, K. (2024). Eksistensi Permainan Tradisional Tamtam Buku dalam Membentuk Keterampilan Sosial. Journal, Aceh Anthropological, 8(1), 80–96. https://doi.org/10.29103/aaj.v8i1.15874
Retno Sari, L., & Karsiwan, K. (2022). Toponimi Daerah Metro Sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 3(2), 134–148. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4865
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan Merancang Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sdn 6 Peusangan Selatan Melalui in House Training Sekolah Penggerak. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878
Setiawan, M. A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Shodiq, S. F. (2021). Pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Basicedu, 5(6), 5648–5659. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1698
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suranti, B., & Karsiwan, K. (2024). Membentuk Karakter Pemuda Melalui Pencak Silat Sekinci-Kinci. Aceh Anthropological Journal, 8(1), 145–161. https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.10193
Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/ E-ISBN
Suryani, S. (2018). Model Problem Based Learning ( PBL ). Deepublish Publisher.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1), 24–36.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Yunike, S., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony, 7(2, November), 69–71.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i2.26766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.