Kurikulum IPS Berorientasi Alam: Kajian Diversifikasi Kurikulum untuk Penguatan Karakter Empati Lingkungan
Abstract
The development of a social studies curriculum that is nature-oriented and makes nature a laboratory for social studies learning can be implemented as an effort to strengthen students' environmentally empathetic character. This effort provides an opportunity for students to study and understand the natural environment in depth to develop an understanding of the importance of protecting and preserving nature as well as the social impacts of human interaction with the environment. There are several approaches in the nature-oriented social sciences curriculum to strengthen students' environmentally empathetic character, such as content integration, environmental projects, field trips, community collaboration, and even mini research that students can carry out to encourage the formation of environmentally conscious characters, ready to face global challenges, and contribute on sustainable development.
Full Text:
PDFReferences
Brown, K., Adger, W. N., Devine-Wright, P., Anderies, J. M., Barr, S., Bousquet, F., ... & Quinn, T. (2019). Empathy, place and identity interactions for sustainability. Global environmental change, 56, 11-17.
Fatah, A. (2018). Nilai-nilai pendidikan dan konservasi lingkungan hidup dalam islam. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 2(1), 1-24.
Hasan, Said Hamid. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).
Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590.
Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2).
Lina, P., & Purnomo, A. (2019). Membangun empati siswa melalui sosiodrama pada materi konflik sosial Kelas VIII C SMP Lab UM. Universitas Negeri Malang: JTP2IPS (2019) volume, 4, 7-14.
Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2).https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040.
Milhani, Y. (2021). Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 8(1), 90- 102.
Murfiah, U., Komalasari, K., Supriatna, N., & Wiyanarti, E. (2022). Pembelajaran IPS Kreatif untuk Membentuk Karakter Tangguh. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(1), 74-84.
Murniati, B. (2011). Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik.
Nengrom, L., & Fatmawati, N. (2023). Pengelolaan Lingkungan Berbasis Etnoekologi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Bae Kudus). IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 7(2), 175-188.
Nugroho, P. A. (2017). Pengembangan Model pembelajaran IPS terpadu berbasis lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2).
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.52/MENLHK/Setjen/Kum.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang mengintegrasikan Pendidikan Karakter
Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2022 Tentang Perubahan PP Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Permendikbud 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP. Pedoman Mata Pelajaran IPS
Pernantah, P. S., Rizka, M., Ibrahim, B., & Syafiq, A. (2022). Integrasi Nilai Tradisi Bara’an Melayu Bengkalis Sebagai Sumber Penguatan Karakter Dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(2), 175-186.
Pujatama, P. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (Studi pada Sekolah-Sekolah di Kota Semarang). Journal of Educational Social Studies, 3(2).
Rachmah, D. N. (2014). Empati Pada Pelaku Bullying Empathy At The Bullies. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487
Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1).https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875
Ramadhani, A. A. (2022). Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai Sosial Sikap Emptai Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954-960.
Setiana, N. (2014). Pembelajaran IPS terintegrasi dalam konteks kurikulum 2013. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2).
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: ALFABETA.
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan buku cerita bergambar digital berbasis audio visual terhadap stimulasi kemampuan empati anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220-230.
Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wang, L., Sheng, G., She, S., & Xu, J. (2023). Impact of empathy with nature on pro‐ environmental behaviour. International Journal of Consumer Studies, 47(2), 652-668.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29-36.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i1.26152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.