Pengelolaan Lingkungan Berbasis Etnoekologi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Bae Kudus)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Barat (2019). Pendidikan Profetik Guru Sekumpul Pidato Pengukuhan Guru Besar Pendidikan IPS. Pendidikan IPS FKIP ULM.
Abbas, Barat (2020). Menulis Mudah, Menulis Teori Menulis Ala Ersis. Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/17292
Abbas, Barat (2021). Manusia, Berpikir, dan Filsafat. Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/24445
Abbas, EW, Jumriani, J., Handy, MRN, Syaharuddin, S., & Izmi, N. (2021). Aktualisasi Nilai Keagamaan Melalui Wisata Religi di Sungai Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1663–1669. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1013
Abbas, EW, Rusmaniah, R., Rival, M., Yusup, Y., & Maulana, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Foto Menarik Bagi Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Di SMPN 7 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Sosial Kalimantan, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4144
AMBARWATI, D., and F. ISTIANAH. 2018. “Etnoekologi Sebagai Upaya Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sd Negeri Lidah Kulon I/464 Surabaya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (2): 254756.
Dewi, Virlya, and Fida Rachmadiarti. 2018. “Validitas Buku Ajar Berbasis Etnoekologi Pada Materi Perubahan Lingkungan/Iklim Dan Daur Ulang Limbah Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Sma Kelas X.” BioEdu 7 (1): 32–37.
Fatmawati, Noor, Dewi Liesnoor Setyowati, and Cahyo Budi Utomo. 2018. “Outdoor Study Activity by Utilizing Wonosoco Tourism Village as A Learning Resource of Social Studies.” Journal of Educational Social Studies 7(1): 88–95.
Irwan, zoer’anini djamal. 1992. Prinsip-Prinsip Ekologi Dan Organisasi Ekosistem, Komunitas, Dan Lingkungan. jakarta: PT Bumi Aksara.
Kurniasari, Ria. 2018. “Peningkatan Ecoliteracy Peserta didik Terhadap Sampah Organik Dan Anorganik Melalui Group Investigation Pada Pembelajaran Ips.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 10 (2): 133. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10869.
Nuzulia, Sri, Sukamto Sukamto, and Agus Purnomo. 2020. “Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta didik.” SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 6 (2): 155–64. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334.
Solihatin, and Raharjo. n.d. Cooperative Learning.
Sormin, S A, S M Pane, M Lubis, M Y Ritonga, and ... 2022. “Pengelolaan Lingkungan Berbasis Etnoekologi Melalui Pedagogi Kreatif Dalam Pembelajaran IPS.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (5): 2. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3814.
Suryadarma, I Gusti Putu. 2017. “Membangun Karakter Kemandirian Satu Pendekatan Etnobiologi Keunikan Lokal Dalam Perspektif Nasional Dan Refleksi Global.”
Utami, Setiana Dwi et al. 2019. “Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 5(2): 240.
Yusnaldi eka, M.Pd. 2019. Potret Baru Pembelajaran Ips. Edited by Usiono Dr. MA dan Mahidin Drs. M.Pd. PERDANA PUBLISHING.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v7i2.23367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.