IMPLEMENTASI DAN PERAN CSR TERHADAP KEPERCAYAAN ANGGOTA BMT FASTABIQ PATI
Abstract
Tulisan ini membahas tentang implementasi CSR di BMT Fastabiq Pati serta peranannya terhadap kepercayaan anggota. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui implementasi kegiatan “Corporate Social Responsibility (CSR)” yang diselenggarakan di BMT Fastabiq Pati, mulai dari alasan dan tujuan penyelenggaraanya, langkah-langkah, pelaksanaan, proses evaluasi, serta peranan CSR terhadap kepercayaan anggota. Penelitian ini menghasilkan bahwa adanya pelaksanaan kegiatan CSR di BMT Fastabiq Pati sejalan dengan prinsip Triple Botton Line (TBL) serta berdampak positif dalam meningkatkan kepercayaan anggota.
Kata Kunci: CSR , Kepercayaan, BMT Fastabiq.
THE IMPLEMENTATION AND ROLE OF CSR TOWARD MEMBER’S TRUST IN BMT FASTABIQ PATI This article discusses about the implementation of CSR in BMT Fastabiq Pati and its influence toward members’ trust. Using qualitative approach, this applied data collection methods of observation, interview, and documentation. This is also to understand its implementation, including reasons, goals, steps, application, evaluation and the role of CSR. Result shows implementation of CSR is inaccordance with the principles of Triple Bottoon Line (TBL) and has positive impact to the members.
Keywords: CSR , Trust, Implementation.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman Nana Herdiana. (2013) Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Adjie Habib ( 2008) Status Badan Hukum, Prinsip-Prinsip dan Tanggung Jawab Sosial Perseroan Terbatas. Bandung : CV Mandar Maju.
Donni Juni Priansa, Buchari Alma ( 2009) Manajemen Bisnis
Syariah. Alfabetta : Bandung.
Djakfar Muhammad. (2007) Etika Bisnis dalam Perspektif Islam.
Malang: UIN Malang press.
Djati S. Pantja, “Pentingnya Karyawan dalam Pembentukan Kepercayaan Konsumen Terhadap Perusahaan Jasa, studi Kajian dan Proposisi”, Jurnal Manajemen.
Hadi Nor.2011.Corporate Social Responsibility.Yogyakarta : Graha
Ilmu
Hafiez Sofyani, Ihyaul Ulum, Daniel Syam, dan Sri Wahyuni. (2012) “Islamic Social Reporting Index sebagai Model Pengukuran Kinerja Perbankan Syariah Studi Komparasi Indonesia dan Malaysia”, Jurnal Dinamika Akuntansi, Vol 4
Kertajaya Hermawan. (2006) Syariah Marketing. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Mowen John. (2004) Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga. Moleong Lexy. (1991) Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung:Remaja Rosda Karya.
Ramadania. (2001) ”Kepercayaan dan Komitmen Sebagai Perantara Kunci Relationship Marketing dalam Membangun Loyalitas (Survey pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Surabaya)”. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, Vol 2 No
Januari
Reza Rahman. (2006) CSR Antara Teori dan Kenyataan.
Yogyakarta: Med Press
Sudarsono Heri. (2002) Konsep Ekonomi Islam, Yogyakarta: Ekonisia.
Syafi’I Antonio Muhammad. (2001) Bank Syariah Dari Teori Ke
Praktik. Jakarta : Gema Insani.
Saifuddin Azwar. (1998) Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v7i2.1091
Copyright (c) 2016 IQTISHADIA
Iqtishadia Journal Indexed by :
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.