ANALISIS STRATEGI MEMPERTAHANKAN KONSUMEN TOKO ZOYA KUDUS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui perspektif Islam tentang strategi yang digunakan untuk mempertahankan konsumen di/online shop ZOYA Kudus. Kajian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menjalankan strateginya online shop ZOYA memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada konsumen tentang produk-produk di online shop ZOYA Kudus. Jika dilihat dari aspek ekonomi Islamnya, yaitu dapat dilihat dari strategi ZOYA Kudus yang mengedepankan kejujuran dan kepercayaan, bersikap ramah, sopan, adil dan bertanggung jawab kepada setiap konsumennya.
Kata kunci: Konsumen, Online, Ekonomi
ANALYSIS OF ZOYA ONLINE SHOP’S STRATEGY TO MAINTAIN CUSTOMERS’ LOYALTY IN ISLAMIC PERSPECTIVE This article explains about Islamic perspective on strategy tomaintain customers in Zoya Online-shop of Kudus. This is a field research using descriptive-qualitative. Data are collected through observation, interview and documentation. Results show that Zoya online shop provides clear and complete information about their product. Looking from Islamic perspective, Zoya online shop promotes honesty and trust in every transactions, modest, fairness and responsibility to the customers.
Keywrods: Customer, Online, Economy
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v8i1.1078
Copyright (c) 2016 IQTISHADIA
Iqtishadia Journal Indexed by :
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.