Pemanfaatan “Vlog” Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Maharah Kalam bagi Mahasiswa IAIN Kudus

Muthmainnah Muthmainnah, Azwar Annas

Abstract


Seiring perkembangan zaman yang serba digital, maka media pembelajaran pun menyesuaikan keadaan tersebut. Vlog salah satu media sosial sekarang menjadi tren yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Media sosial ini kalau dikemas secara apik juga bisa menjadi suatu media pembelajaran yang sangat menarik dan memberikan nilai plus dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa. Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media sosial Vlog pada pembelajaran maharah kalam dan persepsi mahasiswa dalam penggunaan Vlog pada pembelajaran maharah kalam. Metodologi yang digunakan penulis dalam artikel adalah kualitatif deskriptif. Jenis ini disesuaikan dengan tujuan penulisan artikel, yakni untuk memberikan informasi dan gambaran terkait objek. Lokus kajian artikel ini adalah  mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Kudus semester Ganjil TA 2019-2020. Hasil temuan yang didapat oleh penulis dari kajian ini; 1) Pemilihan Vlog sebagai salah satu media pembelajaran maharah kalam bagi mahasiswa karena memiliki banyak nilai positif atau kelebihan, yakni bersifat mudah dan fleksibel; murah dan ekonomis; dan meningatkan kreatifitas mahasiswa. 2) penggunaan Vlog mampu meningkatkan perfomansi atau percaya diri dalam berbicara bahasa Arab.

Keywords


Vlog; pembelajaran bahasa Arab; maharah kalam

Full Text:

PDF

References


David, Eribka Ruthelia. dkk. 2017. “Dkk, Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi.” Acta Diurna 6 (1).

Haniah. 2014. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab 2014.” Al-Ta’rib 2 (1).

Indayatmi. 2018. “Pengaruh Vlog Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Smk Negeri 2 Depok.” Jurnal Pendidikan Sains 6 (1).

Kuswoyo. 2017. “Konsep Dasar Pembelajaran Maharah Al-Kalam.” An-Nuha 4 (1): 6.

Mubarok, Mahfudz Rizki. dkk. 2020. “Penggunaan Vlog Dalam Pembelajaran Maharah Kalam.” Al-Mi’yar 3 (1).

Muradi, Ahmad. 2014. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1 (1): 33.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.

Priana, Ronny Yudhi Septa. 2017. “Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi.” Prosiding Seminar Nasional FKIP, 1 (2).

Rosyidi, Abd Wahab & Mamluatul Ni’mah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN- Maliki Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Hanry Guntur. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Vetiana, Gautama Veri. 2019. “The Role of the Center for Language Improvement in Enhanching Speaking Skills of The Class One of The Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor at The Girls’ Second Campuss (Ar),.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 7 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..