Peran Guru dalam Pembelajaran Kreatif Bahasa Arab ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an
Abstract
Al-qur’an telah mengajarkan untuk bersikap kreatif, hal tersebut tertuang dalam beberapa ayat di Al-qur’an yang menyatakan tentang kreatifitas. Agar menumbuhkan sikap kreatifitas dalam pembelajaran bahasa Arab, maka guru dapat mengambil peran pada setiap pembelajaran mulai dari persiapan, proses dan evaluasi. Artikel ini bertujuan untuk mememaparkan ayat-ayat al-qur’an yang menunjukkan pentingnya seorang guru bahasa Arab bersikap kreatif agar dapat meningkatkan keterampilan pembelajar bahasa Arab. Selain itu, artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru dalam pembelajaran kreatif bahasa Arab ditinjau dari ayat-ayat al-qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka yang menggunakan kualitatif sebagai metode. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa ayat-ayat yang mengandung anjuran kreatif adalah al-infithar 8, at-taghabun 3, al-a’raf 11, al-ghafar 64, ali imran 6 dan al-hasyr 24. Inti dari peran guru dalam pembelajaran kreatif bahasa Arab menurut perspektif al-qur’an adalah guru mencipta, menjadikan, menyusun, membentuk serta menggambarkan hal-hal yang terkait dalam pembelajaran bahasa Arab bagi pembelajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. A. A. A. S. M., . PROF. DR. N. S., & . DR. I. M. K. (2018). Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Abang. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2250
Bajrami, L. (2015). Teacher’s New Role in Language Learning and in Promoting Learner Autonomy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 423– 427. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.528
Fauziah, Y. N. (2011). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. 2, 9.
Febriani, S. R., & Masyitah, S. (n.d.). ANALISIS KETERAMPILAN ABAD KE-21
DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR. 8.
Maghfirah, A. F. (2017). Kreativitas Dosen dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Mahasiswa di IAIN Surakarta. 1(1), 15.
Marsitin, R. (2017). Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 87.
https://doi.org/10.24256/akh.v5i1.442
Oktavera, H. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kreatifitas Peserta Didik Pada Pembelajaran Membaca. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.592
Sari, R. R., & Mubaligh, A. (2019). SCAMPER SEBAGAI STRATEGI MENULIS KREATIF BAHASA ARAB ABAD 2. Journal of Arabic Studies, 10.
Shodiq, M. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 125–148. https://doi.org/10.14421/almahara.2018-041-07
Wu, T.-T., & Wu, Y.-T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits.
Thinking Skills and Creativity, 100631.
https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100631
Zein, M. (2016). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..