Analisis Buku Ajar Belajar Membaca Kitab Kuning Metode Ibtida'i Karya Mujahidin Rohman

Muhammad Zaenuri

Abstract


Abstrak

 Kuning Metode Ibtidai karya Kiai Mujahidin Rachman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ini memenuhi komponen buku ajar yang baik. Buku ini disajikan dalam keterpaduan antara keterampilan membaca kitab kuning, mengartikan, pemahaman ilmu nahwu dan penerapannya. Ada tiga komponen yang menjadi kontruksi buku ini yaitu, 1) teks bacaan berupa kitab tijaanu ad-darari (tauhid), safinatu an-najah (fiqih), dan arba'in an-nawawi (hadits akhlak), yang disajikan dalam bentuk berharokat, bermakna ala pesantren salaf, dan terjemahannya, 2) kaidah nahwu yang disusun sesuai kebutuhan siswa dalam membaca teks, 3) kosakata (kata yang telah diartikan perkata pada teks).

Keywords


Buku Ajar, Kitab Kuning, Methode Ibtidai

References


Abdul Hamid, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, Malang: UIN Malang Press, 2008

Ahmad Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Misykat, 2012

Ahmad Tohe, Kerancuan Pemahaman Antara Syi'ir dan Nadzam Dalam Kesusasteraan http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Kerancuan-Pemahaman-Antara-Syiir-dan-Nadzam-Dalam-Kesusasteraan-Arab-Achmad-Tohe.pdf diakses pada 20 Februari 2019

Ashom Muhammad, Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Metode Ibtida'i Di Pondok Pesantren Al Huda Doglo Cepogo, IAIN Surakarta: 2017

Gintings Abdorrakhman, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora, 2008

Thawahiriyah, Mas'ud, Taisiri An-Nahwi At-Ta'limi. Majalatu Ulum Arabiyyah Wa Adabuha, 2011

Muhbib Abdul Wahab, Kontruksi Buku Al-Lughah Al-'Arabiyyah Al-Mu'ashirah. Diakses dari Repository.uinjkt.ac.id 28 Desember 2018.

Mujahidin Rachman, Panduan Pengajaran Methode Ibtidai, Jepara :Yayayasan Nurul Ikhlas, 2014

Mujahidin Rohman, Belajar Membaca Kitab Kuning Metode Ibtdai, Jepara :Yayayasan Nurul Ikhlas, 2015

Nurul Hanani, Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Kediri Dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Bagi Santri, Realita: 2015, Vol. 13 No. 1

Pannin, Paulina dan Purwanto, Penulisan Buku ajar, Jakarta: Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Diknas, 2001

Roviin, Analisis Buku Teks Al ‘Arabiyah Li Al Nasyi’in Karya Mahmud Ismail Shin, Jurnal Al Bayan : 2018 Vol. 10 no.1

Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Tha'imah, R. A, Ta'lim al-Arabiyah Li Ghairi al-Nathiqina biha Manahijuhu wa asalibuhu, al-Ribath: UCESCO, 1989

Taufiqurrahman, “Madârij Al-Durûs Al-‘Arabiyah” Karya Kh Basori Alwi : Analisis Buku Dan Pemanfaatannya Di Pondok Pesantren,Journal Imla : 2017. vol 2

Zaenuri, Muhammad. Kutubu Qawa'idu Al-Lughah Al-'arabiyah Fi Al-Ma'ahid Al-Islamiy Bi Indonesia. Tidak Publish

Zamakhsari Dhofier, Tradisi Pesantren : Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta : LP3ES, 1982

Zulhanan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta : Rajawali Pers, 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..