Analisis Buku Ajar Belajar Membaca Kitab Kuning Metode Ibtida'i Karya Mujahidin Rohman
Abstract
Abstrak
Kuning Metode Ibtidai karya Kiai Mujahidin Rachman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ini memenuhi komponen buku ajar yang baik. Buku ini disajikan dalam keterpaduan antara keterampilan membaca kitab kuning, mengartikan, pemahaman ilmu nahwu dan penerapannya. Ada tiga komponen yang menjadi kontruksi buku ini yaitu, 1) teks bacaan berupa kitab tijaanu ad-darari (tauhid), safinatu an-najah (fiqih), dan arba'in an-nawawi (hadits akhlak), yang disajikan dalam bentuk berharokat, bermakna ala pesantren salaf, dan terjemahannya, 2) kaidah nahwu yang disusun sesuai kebutuhan siswa dalam membaca teks, 3) kosakata (kata yang telah diartikan perkata pada teks).Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Hamid, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, Malang: UIN Malang Press, 2008
Ahmad Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang : Misykat, 2012
Ahmad Tohe, Kerancuan Pemahaman Antara Syi'ir dan Nadzam Dalam Kesusasteraan http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Kerancuan-Pemahaman-Antara-Syiir-dan-Nadzam-Dalam-Kesusasteraan-Arab-Achmad-Tohe.pdf diakses pada 20 Februari 2019
Ashom Muhammad, Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Metode Ibtida'i Di Pondok Pesantren Al Huda Doglo Cepogo, IAIN Surakarta: 2017
Gintings Abdorrakhman, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora, 2008
Thawahiriyah, Mas'ud, Taisiri An-Nahwi At-Ta'limi. Majalatu Ulum Arabiyyah Wa Adabuha, 2011
Muhbib Abdul Wahab, Kontruksi Buku Al-Lughah Al-'Arabiyyah Al-Mu'ashirah. Diakses dari Repository.uinjkt.ac.id 28 Desember 2018.
Mujahidin Rachman, Panduan Pengajaran Methode Ibtidai, Jepara :Yayayasan Nurul Ikhlas, 2014
Mujahidin Rohman, Belajar Membaca Kitab Kuning Metode Ibtdai, Jepara :Yayayasan Nurul Ikhlas, 2015
Nurul Hanani, Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Kediri Dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Bagi Santri, Realita: 2015, Vol. 13 No. 1
Pannin, Paulina dan Purwanto, Penulisan Buku ajar, Jakarta: Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Diknas, 2001
Roviin, Analisis Buku Teks Al ‘Arabiyah Li Al Nasyi’in Karya Mahmud Ismail Shin, Jurnal Al Bayan : 2018 Vol. 10 no.1
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Tha'imah, R. A, Ta'lim al-Arabiyah Li Ghairi al-Nathiqina biha Manahijuhu wa asalibuhu, al-Ribath: UCESCO, 1989
Taufiqurrahman, “Madârij Al-Durûs Al-‘Arabiyah” Karya Kh Basori Alwi : Analisis Buku Dan Pemanfaatannya Di Pondok Pesantren,Journal Imla : 2017. vol 2
Zaenuri, Muhammad. Kutubu Qawa'idu Al-Lughah Al-'arabiyah Fi Al-Ma'ahid Al-Islamiy Bi Indonesia. Tidak Publish
Zamakhsari Dhofier, Tradisi Pesantren : Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta : LP3ES, 1982
Zulhanan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta : Rajawali Pers, 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..