Problematika Linguistik dalam Pembelajaran Maharah Qiro’ah Pada Semester Vi/C Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung 2019
Abstract
ABSTRAK
Problematika yang sering terjadi dalam pembelajaran maharah qiro’ah adalah problem linguistik. Pembelajaran maharah qiro’ah akan lebih efektif dan efisien apabila peserta didik dapat menguasai aspek-aspek yang menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran maharah qiro’ah. Aspek tersebut adalah aspek fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problem linguistik dalam pembelajaran maharah qiro’ah dan seberapa besar peran linguistik dalam capaian kemahiran membaca. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Apa saja problematika peserta didik dalam pembelajaran maharah qiro’ah ditinjau dari segi linguistik. (2). Seberapa besar peranan linguistik dalam capaian kemahiran maharah qiro’ah.
Dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Adapun sumber datanya di peroleh dari dosen pengajar maharah qiro’ah dan peserta didik semester 6/C jurusan pendidikan bahasa Arab UIN Raden Intan Lampung. Dengan ini Metode mengumpulkan datanya dengan observasi, tes, interviewdan dokumentasi, kemudian analisis data dalam hal ini menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah. Verivikasi data, Penyajian data, Reduksi data. Kemudian untuk menarik kesimpulan digunakan analisis induktif yang mana dari kesimpulan-kesimpulan yang khusus kemudian akan menjadi kesimpulan yang bersifat umum.
Adapun dari hasil penelitian ini bahwa peserta didik masih mengalami problem linguistik dalam pembelajaran maharah qiro’ah yaitu dari aspek pengucapan Makharijul khuruf, Kosakata, I’rab, Nahwu dan Shorof dalam hal ini bisa dilihat dalam penguasaan struktur kalimat dan penguasaan kosakata peserta didik. Oleh karenanya peran linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya maharah qiro’ah memiliki kedudukan yang sangat penting dalam capaian kemahiran membaca peserta didik.
Kata Kunci : Problematika Linguistik dan Maharah Qiro’ah
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aan Hasanah, Pengembangan Profei Keguruan, (Bandung: Pustaka setia, 2012)
Abdul Chaer, Linguistik Umum, (Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2003)
Abdul Chaer, Pengantar Semantik Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002)
Abdul Hamid, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab, (Malang: UIN MALIKI PRESS, 2010)
Ainul Haq, “Peran Linguistik Dalam Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab”, jurnal OKARA. Vol. II No 7 tahun 2012
Anwar Abd Rahman, Keterampilan Membaca Dan Teknik Pengembangannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Diwan, Vol. 3 Nomor 2/2017
Debdikbud, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Bulan Bintang, 2002), 276
E. Sadtono, Ontologi Pengajaran Bahasa Asing, (Jakarta : DEBDIKBUD, 1987)
Erlina, Implementasi Teknik Pembelajaran CIRC, (IAIN Lampung : LP2M, 2013)
Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara: 2008)
Ibn Jiny, Al-Khashaish, Muhammad Ali Al-Najjar (ed.), (Libanan, Dar Al-Kitab Al-Araby, 1952), jilid 1
Lexy J. meleong, Metode Penelitian Kualitatif , (Bandung : Remaja Rosdakarya , 2007)
M. Ramlan, Sintaksis, (Yogyakarta: CV. Karyono, 1987)
Muhammad Ali Al-Kulli, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Basan Publishing, 2010)
Mulyanto Sumardi, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Islam, (Jakarta: DEPAG, 1976)
Suja’I, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, (Semarang: Walisongo Press, 2008)
Syamsudin dkk, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006)
Verhaar, Asas-Asas Linguistik Umum, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres, 2010)
Wa Muna Metode Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta : Teras, 2011)
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..