Metode Audiolingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa SD IIBS Cikarang

Muhammad Rifki, Susanto Susanto, Agus Tasbih

Abstract


Penelitian ini mengkaji efektivitas metode audiolingual dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IIBS Cikarang dengan fokus pada tiga aspek utama: pelaksanaan metode, strategi peningkatan kemampuan bahasa Arab, dan efektivitas metode tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode audiolingual secara intensif, dengan dukungan buku Al-Arabiyah Baina Yadai Aulaadina yang dilengkapi materi audio, telah membawa peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Performa akademik siswa dalam ulangan harian, UTS, dan UAS menunjukkan kemajuan yang konsisten dan stabil setelah implementasi metode ini, dibandingkan dengan periode sebelumnya yang menggunakan buku lain dengan penerapan metode yang lebih minim. Penelitian ini menegaskan bahwa metode audiolingual, ketika diterapkan dengan dukungan buku Al-Arabiyah Baina Yadai Aulaadina, secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa di SD IIBS Cikarang.


Keywords


Metode Audiolingual; Pembelajaran Bahasa Arab; Al Arabiyah Baina Yadai Aulaadina

Full Text:

PDF

References


Amien, Saiful. (2014). Analisis Desain Pesan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Buku Ajar Al-‘Arabiyah Baina Yadaik Level 1. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4 (1), 115–24.

Arsyad, Azhar. (2010) Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya; Beberapa Pokok Pikiran, cet. Ke-3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Baradja. (1990). Kapita Selekta Pengajaran Bahasa, Malang: Penerbit IKIP Malang.

Budiman. (2017). Behaviorism and Foreign Language Teaching Methodology. ENGLISH FRANCA: Academic Journal of English Language and Education, 1 (2), 101–114.

Effendy. (2022). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat.

Fahmi. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4 (1), 1–16.

Fahrurrozi, Aziz. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat, 1 (2), 162-180.

Faridah, Lutfi Ulfah. (2017) Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Sejak Dini. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III, 3 (2), hal 11–19.

Hermawan, Acep. (2011). Metodologi pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Janah, Amrina Rodlatul. (2022). Problematika Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X Ipa Ma Al-Mukarom Ponorogo. Proceeding of 2nd Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (AICOMS), 2, 17-24.

Khalilullah. (2012). Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1), 15-25.

Mufida, Chilma Munthia Syarul. (2022). Penggunaan Metode Audiolingual Dalam Maharah Istima' dii Mts. Kh. Hasyim Asy’ari Malang,” dalam Qismul Arab: Journal of Arabic Education, 1 (2), 16-29.

Mufidah, Luk Luk Nur. (2023). Penerapan Metode Sam’iyah Syafawiyah (Audio Lingual) Berbasis Pendekatan Komunikatif. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3 (1), 11-20.

Nababan, Sri Utari Subyakto. (1993). Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, Ainun. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku Al-Arabiyyatu Bayna Yadai Aulaadinaa dalam Perspektif Perkembangan Anak. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5 (2), 119-135

Safitri, Nurlaila. (2023). Analisis Kitab Al-ʿArabiyyah Baina Yadai Aulādinā Jilid 1 Dalam Perspektif Rusydi Ahmad Thuaimah. Asalibuna, 7 (1), 1-13.

Saputra, Salim. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Integratif Bahasa Arab Dan Al-Qur`Ān Untuk Siswa SD/MI. Prosiding Konferensi Bahasa Arab II, 256-266.

Shalahudin. (2023). Penggunaan Metode Audiolingual dalam Maharah Istima' di Madrasah Tsanawiyah Al-Kahfi Hidayatullah Surakarta. Journal of Education Research, 4 (2), 1839-1845.

Solihati, Septia. (2023). Manhaju Talimi Al Lugah Al Arabiyah Bi Kitab Al Arabiyah Baina Yadai Aulaadina Fi Al Madrasah Ar Rayaah Bi Sukabumi. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4 (2), 110-119.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i2.29331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..