Pengembangan Bahan Ajar Qiraah Bahasa Arab Level Perguruan Tinggi Berbasis Konten Moderasi Islam

Fuad Munajat Suwardi, Ahmad Falah, Sri Dahlia, Intan Umi Salma

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis konten moderasi Islam bagi mahasiswa IAIN Kudus, 2) Mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi dan rancangan pembelajaran. Untuk tujuan tersebut digunakan pola metode Reserch and Development (RnD) yang dikembangkan Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara kepada para ahli baik ahli isi maupun rancangan pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan pada uji per orangan dan uji lapangan menggunakan kuisioner. Data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini 1) pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis konten moderasi Islam bagi mahasiswa IAIN Kudus dilakukan dengan mengikuti pola Borg dan Gall disertai sedikit penyesuaian dengan tahapan sebagai berikut: tahapan need analysis, perancangan produk, produksi, validasi ahli, dan uji lapangan. 2) kelayakan produk yang dikembangkan disimpulkan berdasarkan hasil analisis dan didapati dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai wasathiyyah ke dalam pembelajaran Bahasa Arab dimungkinkan melalui pengembangan bahan bacaan utama yang menjadi kerangka bagi struktur keseluruhan bahan ajar Bahasa Arab.


Keywords


Pengembangan Bahan Ajar, Maharah Qiraah, Moderasi Islam

Full Text:

PDF

References


Ahmad Bin Muhammad Husni, Amir Husin Bin Mohd Nor, Ibnor Azli Ibrahim, Abdel Wadoud Moutafa Moursi Elseoudi, Hayatullah Laluddin, Muhammad Adib Samsudin, Anwar Fakhri Omar, Muhammad Nazir Alias. (2011). Al-Wasathiyyah min khilaal Maqaashid asy-Syari’ah al-Islamiyyah: Dirasah Tahliliyyah, International Journal of West Asian Studies, Vol. 3 No. 3,

Ahmad Walad Muhammad Sidi, “Madzaahir al-Wasathiyyah min khilaal as-Siirah an-Nabawiyyah, https://www.aqlamalhind.com/?p=1409

Aziz Fakhrurrozi dan Erta Mahyudin. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama

Gall, Meredith D, Joyce P. Gall, Walter R. Borg. (2003). Educational Research: An Intorduction (Seventh Edition), United States: Pearson Education, Inc.

Kementerian Agama R. (2019). Moderasi Islam, (Prolog: Lukman Hakim Saifuddin), Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Jakarta.

Mohammad Rifqi Junaidi,. dkk. (2024). Desain Modul Ajar Maharah Qiroah Berbasis Aplikasi Quizizz Di PRODI PBA UNISMA Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (2024) 16(1) 33-48

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-17.

Tafsir Ibnu Katsir online, https://quran.ksu.edu.sa/tafseer/katheer/sura2-aya143.html

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. (1989). Ta’liim al-‘Arabiyyah li Ghair an-Nathiqiina Bihaa: Manaahijuhu wa Asaaliibuh, Rabath: ISESCO.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i2.29234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..