Fokus Pada Bentuk: Alternatif Pembelajaran Bahasa Kedua Tradisional-Modern

Zaenal Khafidin, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metode pembelajaran bahasa kedua yang dikembangkan oleh Rod Ellis yang memadukan antara pendekatan pembelajaran yang bersifat tradisional dengan pembelajaran modern. Metode penelitian menggunakan studi pustaka dengan mengkaji beberapa literatur yang terkait dengan metode pembelajaran Fokus pada Bentuk. Sumber kajian utamanya adalah buku Language Teaching Research and Language Pedagogy karya dari Rod Ellis, sedangkan kajian pendukung berupa buku dan jurnal yang terkait. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Form-Focused Instruction (FFI) dalam pembelajaran bahasa kedua menekankan pentingnya memperhatikan aspek formal bahasa. Namun, pendekatan ini juga menekankan perlunya integrasi dengan aktivitas komunikatif. Dengan demikian, FFI menggabungkan pembelajaran struktur bahasa yang lebih berpusat pada pengajar dengan pendekatan komunikatif yang memungkinkan pembelajar berperan aktif. Oleh karena itu, pendekatan ini dikenal sebagai tradisional-modern.

Keywords


Bahasa Kedua; Fokus pada Bentuk; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Batstone, R. 2002. “Contexts of Engagement: A Discourse Perspective on “Intake” and “Pushed Output”. System, 30: 1–14.

De Graaff, R. and Housen, A. (2009) “Investigating the Effects and Effectiveness of L2 In struction.” In The Handbook of Language Teaching, edited by M. Long and C. Doughty. Oxford: Blackwell Publishing, 726.

DeKeyser, R. 1995. “Learning Second Language Grammar Rules: An Experiment with a Miniature Linguistic System.” Studies in Second Language Acquisition, 17: 379–410.

DeKeyser, R. 2007. “Introduction: Situating the Concept of Practice.” dalam Practice in a Second Language, edited by R. DeKeyser. Cambridge: Cambridge University Press.

Doughty, C., and J. Williams, eds. 1998. Focus-on-Form in Classroom Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.

Ellis, R. (1994). The study of second language acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Ellis, R. 2001. “Investigating Form-Focused Instruction.” dalam Form-Focused Instruction and Second Language Learning, edited by R. Ellis. Malden, MA: Blackwell.

Ellis, R. 2012. Language Teaching Research and Language Pedagogy, edited by R. Ellis. Malden, MA: Blackwell.

Jiménez, L. (2003). Intention, attention, and consciousness in probabilistic sequence learning. dalam L. Jiménez (Ed.), Attention and Implicit Learning. Philadelphia: John Benjamins.

Long, M. 1991. “Focus on Form: A Design Feature in Language Teaching Methodology.” In Foreign Language Research in Cross-Cultural Perspective, edited by K. de Bot, R. Ginsberg, and C. Kramsch, Amsterdam: John Benjamin. 39

Long, M. 1991. “Focus on Form: A Design Feature in Language Teaching Methodology.”

Lyster, R. & L. Ranta. 1997. “Corrective Feedback and Learner Uptake.” Studies in Second Language Acquisition. 19:37-66.

M. Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mohamed, N. 2001. Teaching Grammar through Consciousness-Raising Tasks. Unpublished MA Thesis, University of Auckland, Auckland.

Norris, J., and L. Ortega. 2000. “Effectiveness of L2 Instruction: A Research Synthesis and Quantitative Meta-Analysis.” Language Learning, 50: 417–528.

Pesce, S. 2008. “Focused Tasks in L2 Spanish Grammar Learning and Teaching.” dalam Task-Based Language Learning and Teaching: Theoretical, Methodological, and Pedagogical Perspectives, Frankfurt am Main, Peter Lang, 67–88.

Pienemann, M. 1985. “Learnability and Syllabus Construction.” dalam Modelling and Assessing Second Language Acquisition, edited by K. Hyltenstam and M. Pienemann. Bristol: Multilingual Matters. p. 53

Sheen, R. (2002). Focus on form and focus on forms. ELT journal, 56(3), 303-305.

Stern, H. 1990. “Analysis and Experience as Variables in Second Language Pedagogy.” dalam The Development of Second Language Proficiency, edited by B. Harley, J. P. Allen, J. Cummins, and M. Swain. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.27937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..