تطبيق الحروف العربية الملايويّة في تعليم النحو بمعهد الفلاح بنجربارو كاليمنتان الجنوبية
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adib, A. (2021). METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN. Journal Mubtadiin, 7(1), 232–246.
Aisyah, S. (2017). GLOBALISASI BANGSA ARAB DI DUNIA MELAYU. Khazanah : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 59–82. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.54
Alma Nur Atika, Rista Syahrida, & Hasnah Faizah. (2022). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN ARAB MELAYU RIAU PADA PAPAN NAMA GEDUNG PEMERINTAH PROVINSI RIAU DI KOTA PEKANBARU. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 161–174. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.363
Annisa, M. N., Arista, D., Udin, Y. L., & Wargadinata, W. (2023). Pemerolehan Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik). ’Ajamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(2), 468–484. https://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.468-484.2023
Attas, M. N. (1990). Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu. Mizan.
B., M. (2017). EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SISWA). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269
Dr. Wina Sanjaya, M. P. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana. https://books.google.co.id/books?id=BJFBDwAAQBAJ
Fazrina, D., & Muradi, A. (2020). DIRĀSAH MANHAJ AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH FÎ MA’HAD AL FALĀH LI AL BANĀT. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(20), 267–282. http://dx.doi.org/10.35931/am.v3i2.317
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Junaedi Abdilah, A., & Al Farisi, M. Z. (2023). Systematic Literature Review: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 4(1), 39–51. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i1.744
Lathifah Insani, Abdur Rahim, & Ahmad Asrof Fitri. (2022). Pembelajaran Shorof Program Metode Sebarkan (Semangat Belajar dan Bahasa Arab) di Sekolah Islam Online. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 129–147. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.192
Maulana, M. R., Ilhami, H., & Shodiqin, R. (2023). MASYĀKILU TA’LĪMI ‘ILMI AL-ṢORFI BI MADRASAH AL-IRSYĀD AL-MUTAWASSIṬAH AL-ISLĀMIYYAH. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(2), 413–434.
Mursal Aziz, Putri, A., Azzahra, A., & Indriani, R. (2023). Implementasi Kurikulum Pembelajaran Aksara Arab Melayu Kelas IV dI SD Al-Azhar Medan Sumatera Utara. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 90–100. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.632
Mushoffa, M. H., & Irhas, M. (2023). تطوير الوسائل التعليمية على أساس تطبيق ويب لينك فلاي (Linkfly) لمهارة القراءة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة مفتاح العلوم المتوسطة الإسلامية بقدس. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 109–126. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i1.22114
Nasution, M. R. (2013). AL-HIRA’: Dapat Membaca dan Menulis Aksara Arab Melayu Dalam Tempo 24 Jam (1st ed.). Yayasan Pendidikan Al-Hira’ Permata Nadiah.
Nisa, A. R. (2023). ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA BUKU “ BAHASA ARAB BAKU DAN MODERN AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH AL-MU’ASHIRAH ” Karya Prof. Dr. Eckehard Schulz. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 12–23. https://doi.org/10.24239/albariq.v4i1.39
Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa pplk program studi pendidikan geografi fkip universitas almuslim). Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 147059.
Renaldi, F. S., Mufidah, L.-L. N., & Nurhayati, A. (2023). Metode Al-Bidayah Dalam Meningkatkan Kemampuan Reseptif Bahasa Arab: Qiraah. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i1.747
Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press.
Roza, E. (2017). Aksara Arab-Melayu di Nusantara dan Sumbangsihnya dalam Pengembangan Khazanah Intelektual. TSAQAFAH, 13(1), 177. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v13i1.982
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Sabirin, S. (2012). Perencanaan kepala sekolah tentang pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 111–128.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen perencanaan pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183–193.
Syahdan Lubis, Mhd. (2021). Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Jurnal Literasiologi, 5(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.222
Warni, W., Karim, M., & Afria, R. (2022). WORKSHOP PENULISAN AKSARA ARAB MELAYU PADA MAHASISWA SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS JAMBI. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 135–141. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1573
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16–35. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607
Yanto, B., -, B., -, J., & Hayadi, B. H. (2020). INDENTIFIKASI POLA AKSARA ARAB MELAYU DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN). JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 3(3), 106–114. https://doi.org/10.36085/jsai.v3i3.1151
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.25216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..