Analysis of Nahwu Errors in Learning Arabic Text Reading Skills

Baiq Laili Rahmawati, Laily Fitryani

Abstract


ABSTRACT

This study aims to analyze nahwu errors made by undergraduate students of UIN Malang majoring in BSA class ak in reading Arabic texts. The research method used to achieve this goal is descriptive qualitative with Miles and Huberman analysis techniques which include data condensation, data presentation, and conclusion. As for analyzing nahwu errors, the researcher uses three steps, namely identification of errors, description of errors, and interpretation of errors. The results showed several nahwu errors students made when reading Arabic texts: errors in reading talking Idhafy, character maushuf, ataf ma'tuf, and determining fa'il and maf'ul. The error occurred because students still could not apply the theory understood in the reading and some did not understand both theory and practice when reading Arabic texts. After classifying these errors, the researcher found that the most nahwu errors occurred in fa'il and maf'ul. this happens because students are still confused about fa'il mustatir and zahir.

 

Keywords: error, nahwu, reading, Arabic Language

 

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kesalahan nahwu yang dilakukan oleh mahasiswa S1 UIN Malang jurusan BSA kelas ak dalam membaca teks bahasa Arab. metode yang digunakan penelitian untuk mencapai tujuan tersebut adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam menganalisis kesalahan nahwu peneliti menggunakan tiga langkah yaitu identifikasi kesalahan, deskripsi kesalahan, dan penafsiran kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan nahwu yang dilakukan oleh mahasiswa ketika membaca teks bahasa Arab diantaranya: kesalahan dalam membaca tarkib idhafy, sifat maushuf, ataf ma’tuf, dan menentukan fa’il dan maf’ul. kesalahan tersebut terjadi karena mahasiswa masih belum bisa mengaplikasikan teori yang sudah dipahami dalam bacaan dan ada yang masih belum megerti baik teori maupun praktiknya ketika membaca teks bahasa Arab. setelah mengkalisifikasikan kesalahan tersebut, peneliti menemukan bahwa kesalahan nahwu yang paling banyak terjadi pada fa’il dan maf’ul. hal ini terjadi karena mahasiswa masih kebingungan dengan adanya fa’il mustatir dan yang zahir.

 

Kata kuncikesalahan, nahwu, membaca, bahasa Arab

Keywords


error, nahwu, reading, Arabic Language

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (n.d.). Penerapan Strategi Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Nahwu Mahasiswa. 12.

Al Akh Al Fadhil Abu Abdin Nafi’ Khairul Umam Al Batawy. (n.d.). Matan al-Ajrumyah. http://aliph.wordpress.com.

Asmuki, A., & Muhammadiyah, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Dasar Pengembangan Keterampilan Membaca Kitab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.577

Dahlan, A. Z. (n.d.). Syarah Mukhtashar Jiddan. maktabah At-turmusy Litturats.

Dedi Wahyudin Muhammad Tohri, Lalu Ahmad Buyairi. (2017). Durusu al-lughah al-’arabyah li al-jami’ah. Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Mataram.

Fadillah, R. (2017). تحليل الأخطاء النحوية اللغوية عند المحادثة اليومية (دراسة حالية مقارنة). LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(2), 59. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i2.59-76

Fadillah, R. (2018). (تحليل الأخطاء النحوية اللغوية في الخطابة المنبرية (دراسة حالية. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.18196/mht.115

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

HIdayatullah, M. S. (2017). Cakrawala Linguistik Arab. PT Grasindo.

Khairunnas, K. (n.d.). Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Magister dalam Pendidikan Bahasa Arab pada Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. 167.

Kusyairi, A. (2019). Penerapan Metode Qawa’id Wa Tarjamah terhadap Maharah Al-Qira’ah pada Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Jembrana. An-Nahdlah, Vol. 6 No. 1 Oktober, 133–145.

Marhamah Nasution, Muassomah. (2022). Musykilatu al-thullab fy ta’limi maharati al-qira’ah wa hululuha. Shaut Al-‘Arabiyah, Vol. 10 No. 1, Juni(Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Shaut Al-’Arabiyah), 142–151. https://doi.org/10.24252/saa.v10i1.28068

Mariyam, S. (2021). Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 71. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.2828

Mattehew B. Miles, A. Michael Huberman. (2014). Qualitative data analysis; a methods sourcebook. SAGE Publications.

Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 1(01), 10. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186

Rahman Hakim, A. (2013). Mempermudah Pembelajaran Ilmu Nahwu pada abad 20. Jurnal Al-Maqoyis, 1 No. 1, Jan-Juli, 1–26.

Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315

Sari, A. W. (2017). Analisis Kesulitan Pembelajaran Nahwu Pada Siswa Kelas Viii Mts Al Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2015/2016. 5.

Mufidah, Luk Luk Nur. 2014. Brain Based Teaching and Learning. Yogyakarta: Teras.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.25025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..