Varian Strategi Belajar Bahasa Arab pada Mahasiswa Berprestasi Akademik PBA UINSI Samarinda dalam Perspektif Model Oxford

Ahmad Fadhel Syakir Hidayat, Rifqi Aulia Rahman, Akhirudin Akhirudin, Azwar Annas

Abstract


Dunia pendidikan tidak jarang melahirkan insan berkualitas dan berprestasi, baik dengan dukungan kurikulum suatu lembaga maupun kemampuan individu, dalam mencapai hal itu tentu saja terdapat strategi yang mendorongnya, model oxford merupakan kerangka kerja yang komprehensif dalam melihat hal tersebut, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui varian strategi belajar bahasa arab pada mahasiswa berprestasi akademik prodi PBA UINSI samarinda dalam perspektif model oxford. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei, dengan instrumen pengumpulan data kuisioner dan dokumentasi. Populasi penelitian seluruh mahasiswa prodi PBA UINSI Samarinda angkatan 2016-2018 yang kemudian dilakukan purposive sampling dan didapati 19 responden mahasiswa berprestasi akademik, lalu dilakukan analisis deskriptive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa berprestasi di prodi PBA UINSI Samarinda aktif menggunakan seluruh strategi dalam Model Oxford. Strategi kognitif dan kompensasi menjadi yang paling dominan dengan tingkat penggunaan 100%. Strategi metakognitif, afektif, dan sosial digunakan dengan tingkat penggunaan menengah (98,23%), sementara strategi memori efektif dengan tingkat penggunaan sekitar 96,05%. Variasi dalam penggunaan strategi mencerminkan preferensi belajar dan kompleksitas teknik. Penelitian ini menekankan pentingnya pemahaman dan penerapan strategi belajar yang efektif dalam pendidikan.


Keywords


Varian; Strategi Belajar; Model Oxford

Full Text:

PDF

References


Al Husna, L., Habibah, I. F., & Hidayat, A. F. S. (2023). تطوير مواد تعليم اللغة العربية على برنامج كانفا لتلاميذ الصف الثامن في المدرسة الثانوية الإسلامية. Al-Jawhar: Journal of Arabic Language, 1(1), 14–29.

Annas, A., Bkheet, B. M., & Wargadinata, W. (2023). Metode Pembelajaran Derivasi Kata dengan Menggunakan Buku الأمثلة التصرفية pada Mahasiswa PBA UIN Fatmawati Bengkulu. Al-Jawhar: Journal of Arabic Language, 1(2), 145–160.

Anwar, M. S., Wargadinata, W., & Maghfiroh, R. (2023). Implementasi metode pembelajaran bahasa Arab: studi kasus di PJJ PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al-Jawhar: Journal of Arabic Language, 1(1), 54–69.

Asrori, I. (2011a). Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia.

Asrori, I. (2011b). Strategi Belajar Bahasa Arab Teori & Praktek. Misykat.

Ginsburg, H. P., & Opper, S. (1988). Piaget’s theory of intellectual development. Prentice-Hall, Inc.

Hidayat, A. F. S., & Anggraini, F. Z. (n.d.). العلاقة بين القدرة على قراءة القرآن بالقدرة على مهارة القراءة. Shaut Al Arabiyyah, 9(1), 78–87.

Mighfar, S. (2015). Social Exchange Theory: Telaah Konsep George C. Homans Tentang Teori Pertukaran Sosial. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 259–282.

Muradi, A., & Hasbullah, H. (2016). Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Prodi PBA IAIN Antasari Banjarmasin Menurut Model Oxford. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 11(1), 54–62.

Nafisah, J., Astina, C., & Rahman, R. A. (2023). Semantic Mapping Strategy dan Progres Pemahaman Qawaid Bahasa Arab di Pondok Pesantren Mamba’ul Falah Kudus. Al-Jawhar: Journal of Arabic Language, 1(1), 1–13.

Oxford, R. L. (1990). language learning strategies: What Every Teacher Should Know. Heinle & Heinle Publishers.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford publications.

Singarimbun, M. (2006). Metode dan Proses Penelitian” dalam Masri Singarimbun & Sofian Efendi, Metode Penelitian Survai, hlm 3. Pustaka LP3ES, Jakarta.

Vindayani, F. (2019). Strategi belajar bahasa Arab mahasiswa menurut model Oxford. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 50–55.

Yasmar, R., Suja, A., & Hidayat, A. F. S. (2023). Pemanfaatan ChatGPT dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis/Maharah Kitabah Berbasis 6C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication, Computational and Compassion). Al-Jawhar: Journal of Arabic Language, 1(2), 87–104.

Yoyo Sudaryo, S. E., MM, A., Efi, N. A. S., R Adam Medidjati, S. E., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

شهرير, م. ص. ب., فاندينج, ت. (أمير) س., & إسماعيل, ا. ت. ب. (2019). استراتيجيات تعلم اللغة العربية وأثرها في مستوى الاهتمام باللغة العربية لدى طلبة كلية الدراسات الإسلامية بجامعة الأمير" سونكلا نكرين" شطر فطاني بدولة تايلاند. مجلة جامعة القدس المفتوحة للبحوث الإنسانية والاجتماعية, 1(51(




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i2.22665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..