Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Kudus dan STAI Al-Mujtahadah Pekanbaru

Azwar Annas, Arik Maghfirotul Mukarom, Sutiah Sutiah

Abstract


Pengembangan kurikulum saat ini menggunakan platform Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini dirancang untuk memberikan suatu wadah kepada perguruan tinggi dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang memiliki keahlian di bidang ilmu dan teknologi, memiliki karakter yang kuat, dan mampu menghadapi tantangan di dunia kerja. Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Bahasa Arab pada IAIN Kudus dan STAI Al-Mujtahadah Pekanbaru. Penilitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Jenis pengumpulan data menggunakan wawancara, catatan lapangan, memo, dan dokumen-dokumen resmi. Dari kedua kampus tersebut implementasi kurikulum melalui tahapan-tahapan; a) Pengembangan Program Pembelajaran, b) Memfasilitasi Mahasiswa yang akan Mengambil Pembelajaran Lintas Prodi Dalam Perguruan Tinggi, c) Menawarkan mata kuliah yang bisa diambil oleh mahasiswa di luar prodi dan luar Perguruan Tinggi beserta persyaratannya, d) Melakukan ekuivalensi mata kuliah dengan kegiatan pembelajaran luar prodi dan luar Perguruan Tinggi. Dari implementasi tersebut terdapat kendala-kendala terutama bagi perguruan tinggi yang belum mempunya kesiapan terkait dengan sumber daya manusia dan sarana prasana yang berimbas pada adanya kemitraan dan kolaborasi antar perguruan tinggi.

Keywords


Implementasi, Kurikulum MBKM, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Al-Khalifah, Hasan Ja’far. 2014. Al-Manhaj al-Mudarrisy al-Mu’ashir. Riyadh: al-Mamlakah al-’Arabiyah.

Arikunto, Suharismi. 1995. Dasar – Dasar Research. Bandung: Tarsoto.

Baharuddin, M. R. 2021. Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi).” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4 (1): 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Bunga, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. 2 ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Deni Sopiansyah., dkk. 2022. “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ).” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4 (1): 37. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Guba, E. G. & Lincoln, Y. S. 1985. Effective evaluation: Improving the usefulness of evaluation results through responsive and naturalistic approach. San Francisco: Jossey-Bass Inc.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Kodrat, D. 2021. “Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy Article Info Abstract Article History.” Jurnal Kajian Peradaban Islam OPEN ACCESS JKPIs 4 (1): 99.

https://doi.org/10.47076/jkpis.v4i1.60

Kusumah, Gladys Ayu Paramita Wardhani., Devy Susanty., Ade Ayu Oksari., Lany Nurhayati., Alifah Nuranzani., Faridha. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sain Indonesia 5 (1): 54.

https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.42802

M. Dahlan Y. al-Barry dan Lya Sofyan Yacob. 2003. Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya: Target Press.

Moleong, L. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, Sutiah, dan Sugeng Listyo W. 2015. Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Prenadamedia.

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi,Konsep, Karakteristik, dan Implementasi,. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nanggala, A., & Suryadi, K. 2020. “Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 9 (2): 10–23.

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31422

Nuryani. 2015. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab (Studi Kasus Di Fak. Tarbiyah Jurusan PBA IAIN Tulungagung).” Ta’allum 3 (2): 254.

21274/taalum.2015.3.2.253-277

Puspitasari, R., & Nugroho, R. 2021. “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur.” Ilmu Administrasi Negara 11 (2): 276–92. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2539

Rodiyah, R. 2021. “Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434.” In . https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sabriadi HR, Nurul Wakia. 2021. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.” ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 11 (2): 180–82. 10.35673/ajmpi.v11i2.2149

Salabi, Agus Salim. 2020. “Efektivitas dalam Implementasi Kurikulum Sekolah.” Education Achievment: Journal of Science and Research 1 (1): 4.

https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Sukmadinata. 2002. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutiah. 2017. Pengembangan Kurikulum PAI:Teori dan Aplikasinya. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Syafaruddin & Amiiruddin. 2017. Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.

Uno, Hamzah B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i1.21426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..