Arabic Speaking Skills Training Through Role-Playing Method for Al-Hadi Islamic Junior High School Students

Khabibi Muhammad Luthfi, Eva Farhah, Reza Sukma Nugraha, Muhammad Yunus Anis, Tri Yanti Nurul Hidayati, Afnan Arummi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar berbicara bahasa Arab melalui metode role play pada siswa boarding school di SMP Islam Al-Hadi. Hal ini disebabkan karena terbatasnya tenaga pendidik yang berkompeten berbahasa Arab, terbatasnya waktu pembelajaran bahasa Arab, serta tersedianya materi dan kegiatan lain, sehingga kemampuan berbahasa Arab siswa belum optimal. Secara teoritis penelitian ini menggunakan pendekatan linguistik edukatif dengan teori keterampilan percakapan bahasa Arab dan metode bermain peran, dan secara metodologis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dengan dua siklus. Sumber datanya adalah guru bahasa Arab dan siswa Al-Hadi, tim tutor atau pengamat, dan peristiwa pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan FGD. Analisis data menggunakan deskriptif-kuantitatif dan deskriptif- kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role play berhasil meningkatkan keterampilan dasar berbicara bahasa Arab siswa dengan skor rata-rata 86,5 atau peningkatan sebesar 26,5%.

Keywords


Students, Basic Arabic Speaking Skill, Role Playing Method, Training

Full Text:

PDF

References


Aslamiyah, A. (2022). PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(1), 1141–1150. Retrieved from https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/916

asy- Syanṭi, M. Ṣaliḥ. (1993). Al-Mahārāt al-Lugawiyyah: Madkhal ‘ilā Khaṣāiṣ al-Lugah al-‘Arabiyyah wa Funūnihā , 1993. al-Mamlakah as-Sa‘ūdiyyah al-‘Arabiyyah: Dār al-Andalūs.

Awang, N. A. (2013). Teknik Role Play dalam Kaedah Pengajaran Komunikasi Bahasa Arab di University Sultan Zainal Abidin. Pulau Pinang: International Seminar on Islamic Jurisprudence in Contemporary Society ISLAC.

Candra, M., Sembiring, W., Fai, M., Zulkarnaen, U., Dosen, G., Fai, T., & Sumiati, U. (2021). Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Kemahiran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Mts Nurul Ikhwan Desa Dagang Krawan Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 11(1), 73–79. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/view/4683

Eltiana Hermila. (2020). Permasalahan Penerapan Penggunaan Metode Role Play Di Sman 15 Kabupaten Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Fahrurrozi, A., & Mahyudin, E. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer. Jakarta: Bania Publishing.

Harianto, H. (2021). Penggunaan strategi role playing dalam pembelajaran bahasa arab pada kelas X MA Al-Ikhlashiyah Sisik Timur Pringgarata Tahun Pelajaran 2020/2021.

Hasibuan, N., Prayogi, E., & Santika, S. (2022). UPAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN BAHASA ARAB BAB MUHADAYSAH MATERI PERKENALAN KELAS VI SD SWASTA MUHAMADIYYAH 37 TANJUNG SELAMAT KEC. SUNGNGGAL KAB. DLI SERDANG SUMATERA UTARA. Jurnal STAI Darul Arafah, 6(2), 38–50. Retrieved from https://journal.staidarularafah.ac.id/index.php/jstaida/article/view/173

Hidayah, N., Aliyah, M., & Banyumas, N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berbicara dengan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Kependidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24090/JK.V5I1.1237

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Laili, A., Musyrifa, F. A., & Luthfi, K. M. (2021). Penguasaan Leksikal Bahasa Arab Yaumiyyah Siswa TPQ Nurul Iman Pati. Arabia, 13(1), 107–128.

Sudarmadi, O. :, Eka, P., & Sulistyawati, B. (2019). PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-FALAAH SIMO. Thulabuna, 1(1). Retrieved from https://jurnal.stimsurakarta.ac.id/index.php/thulabuna/article/view/36

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyono, & Hariono. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Sekolah. (2021). Profil Sekolah SMP Islam Al-Hadi Mojolaban. Sukoharjo: SMP Ilsam Al-Hadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.19420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..