Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kulon Progo

Ikhwan Nur Rois

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kulon Progo tahun ajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresional dengan menggunakan sampel sebanyak 112 responden yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan dua uji, yaitu: uji asumsi dan uji hipotesis dengan pendekatan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adanya pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab dengan hasil persamaan regresi; Y = 11,441 + 1,029X, dan nilai koefisien sebesar 1,029 > 0,05 dengan presentase pengaruh sebesar 72 %.

Keywords


Disiplin Belajar, Hasil Belajar, MAN 1 Kulon Progo

Full Text:

PDF

References


Adisianto, A. Z., Rois, I. N., & Putri, F. R. (2020). Orientasi Belajar Bahasa Arab DI Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1, 4(0), 206–214. https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/576

Amrina, Mudinillah, A., & Ulya, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Benime untuk Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas 1 di MIN 1 Solok. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 13(2), 191–212.

Arif, I., & Santoso, B. (2016). Analisis Usabilitas Sistem Informasi Perpustakaan (Sipus) Integrasi UGM. Berkala Ilmu P Erpustakaan Dan Informasi, XII(02), 104–112. https://docplayer.info/70232274-Analisis-usabilitas-sistem-informasi-perpustakaan-sipus-integrasi-ugm.html

Asmani, J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif Dan Inovatif. Diva Press.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian: Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Penerbit Mitra Wacana Media.

Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development): Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil, Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Literasi Nusantara.

Husna, F. (2018). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Mts Yapink 1 Tambun-Bekasi. Waratsah, 04(02), 89–104.

Imran, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Bumi Aksara.

Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian: Dilengkapi Aplikasi Program SPSS. CV. Pustaka Setia.

Prastiwi, A. T., & Wibowo, A. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured Siswa Kelas V Sd N 2 Pedes Sedayu Bantul Yogyakarta. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–10. http://repository.upy.ac.id/1549/

Priatna, T. (2017). Prosedur Penelitian Pendidikan. CV. Insan Mandiri.

Putri, K. P., Hendrowati, T. Y., & Istiani, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. JURNAL E-DuMath, 6(2), 73–82. https://doi.org/10.52657/je.v6i2.1286

Salma. (2021). Hipotesis Penelitian: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Lengkap. Penerbitdeepublish.Com. https://penerbitdeepublish.com/hipotesis-penelitian/

Subana, Rahadi, M., & Sudrajat. (2015). Statistik Pendidikan. CV. Pustaka Setia.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparman. (2017). Evaluasi Pendidikan. STAIMS Press.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Rosdakarya.

Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo.

Wijayanti, N. (2021a). Wawancara Tentang Orientasi Belajar Bahasa Arab Di MAN 1 Kulon Progo.

Wijayanti, N. (2021b). Wawancara Tentang Pembelajaran Bahasa Arab.

Yamane, T. (1967). Statistic: An Introductory Analysis (2nd Ed). Harper and Row.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v14i1.13894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..