Pembelajaran Bahasa Arab dengan Aplikasi WhatsApp untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa

Sheila Sabrina Kinanti, Anisatu Thoyyibah, Lailatul Mauludiyah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan banyaknya kesulitan yang dirasakan oleh guru, siswa maupun wali siswa selama pembelajaran daring. Karena banyaknya siswa dan wali siswa kurang faham dengan teknologi pembelajaran, maka peneliti menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran melalui WhatsApp. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran daring berbasis WhatsApp untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas 7 SMP Generasi Rabbani Bogor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15 siswa dari kelas 7 SMP Generasi Rabbani Bogor di semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji-T berpasangan dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan WhatsApp sebagai forum pembelajaran menggunakan fitur grup, voice note dan kamera dibuktikan melalui perbedaan signifikan nilai pretest dan posttest. Ditunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 61,66 dan posttest 83,66. Sedangkan untuk uji efektivitas dibuktikan berdasarkan rumus N-Gain dengan hasil 57,19%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp dapat meningkatkan mahārah kitābah siswa kelas 7 SMP Generasi Rabbani Bogor dengan kategori “cukup efektif”.


Keywords


Mahārah Kitābah, Media Sosial WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Apriliana, N. M. A. S. (2015). Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas Iv Mi Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang (Vol. 9). https://doi.org/http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9476

Arini, W. (2016). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Praktikum Mata Pelajaran pemrograman Web Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Jurnal Pendidikan, 5(5), 1–7.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Iskandar, R. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Dta At-Tawakal Kota Bandung. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 97. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3778

Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 51. https://doi.org/10.21580/wa.v3i1.872

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sitti Kuraedah. Al-Ta’dib, 8(2), 83. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/412/397.

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Larasati, W. (2013). Efektivitas_Pemanfaatan_Aplikasi_WhatsAp (pp. 5–6). https://doi.org/http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7521

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Rappe. (2021). Shaut Al- ‘ Arabiyah Pembelajaran Fahmul Masmu ’ Bahasa Arab. Shaut Al-‘Arabiyah, 9(1), 88–94.

Saifullah, H. (2016). Ayo memahami bahasa Arab VII.

Sugiyono. (2011). Metode_penelitian_kuantitatif_kualitatif_R_D__.

suharsaputra. (2012). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan tindakan.

Tropika, J. E., Magister, P., Biologi, P., Kuala, U. S., Biologi, P. P., Kuala, U. S., Biologi, P. P., & Kuala, U. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 87–90.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.12529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..