Pembelajaran Berbicara Arab Tentang Anamnesis Berbasis Keterampilan Abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter

Nur Toifah

Abstract


Penelitian ini fokus pada pembelajaran berbicara Arab dengan praktek anamnesis berbasis keterampilan abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berdasarkan hal tersebut, ia bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tersebut dengan menggunakan strategi role playing atau bermain peran sebagai seorang dokter dan seorang pasien. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, dokumentasi, dan literasi. Data yang sudah terkumpul ditelaah atau dianalisis, diklasifikasi, direduksi, kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya tiga tahapan dalam pembelajaran berbicara Arab tentang anamnesis, yaitu pertama: tahap pendahuluan, yang mencakup orientasi, apersepsi, motivasi, pemberian acuan, ke-dua: tahap inti pembelajaran (kegiatan inti), yang mencakup mengamati, mengeksplorasi yang mencakup 4 langkah klinik anamnesis, yaitu komunikasi sambung rasa, wawancara terstruktur, pemeriksaan fisik, dan rekam medis, selanjutnya mengasosiasi, mengkomunikasi, dan ke-tiga: tahap penutup, yang mencakup pengambilan kesimpulan, refleksi dan evaluasi, motivasi, serta penutupan pembelajaran. Selain itu, manfaat dari pembelajaran ini adalah meningkatkan motivasi belajar pesera didik, merubah tingkah laku, memberikan motivasi baru dan penyegaran, memberikan pelajaran yang bermakna, memperluas pengalaman dan wawasan, serta tercapainya tujuan pembelajaran menyimak Arab yang terintegrasi dengan bidang kedokteran.

Keywords


Berbicara Arab, Anamnesis, Keterampilan Abad 21

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Indrawan, Doby. 2020. Buku Ajar Clinical Skill Learning I. Malang: FKIK UIN Malang.

Dewi,Finita. 2015. Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melaluimodel Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2.

Sa’diyah, Halimatus. 2018. Bermain Peran (Role Playing) Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang, Jurnal Tarbiyatuna Volume 3 Nomor 2.

Redana, I Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1.

Mustofa, Muhamad Arif. 2020. Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 4, No. 2.

Amalia, Mustika Nur. 2017. Era Baru: Perencanaan Pengajaran Bahasa Memasuki Era Abad Ke 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 1, No. 1.

Mustofa, Syaiful. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN MALIKI PRESS.

Nalole, Darwati. 2018. Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam Vol.1, No.1, 129-145 ISSN: 2622-965X.

Septikasari, Resti, Rendy Nugraha Frasandy. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar, Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02.

Zubaidah, Siti. 2016. Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran, Proceeding Seminar Nasional pendidikan.

Sugiyono. 2010. “Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif”. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..