ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN BERMOTOR MEREK HONDA JENIS SKUTERMATIC
Abstract
ANALYSIS OF PRICE EFFECT, PRODUCTS AND DE-SIGN QUALITIES TO BUYING DECISIONS of HONDA SKUTERMATIC MOTORCYCLES. This research is a field of research and using a quantitative approach. While the sample in this study is that consumers / users of motorcycle of Honda skutermatic by distributing questionnaires as much as 75 respondents. Sampling used techniques sampling insidenta. The analytical method used is multiple linear regression method and using t - test with a significance level a = 5%. Results from this study show that first: the price has an influence on the purchase decisions of Honda types of skutermatic vehicles on public from the kudus District, it is proved by t- test to show the price t is greater than t table (4,140> 1,992) with 75 df and probability value of 0.000 is below the 5% level of significance. Secondly, the quality has a negative influence on purchasing decisions and it is evidenced by the results of the t value of 1.157 and t table amounted to 1.992, so the t-count is smaller than t-table (1.157 <1.992) of df 75 with a P value of 0.251. And third, the design has an influence on the purchase decisions of Honda types of skutermatic vehicles in Kudus society. This is evidenced from the t test results showing that for the design of t is greater than t table (3.073>1.992), while the value of the P value of 0.003 which is above 5% Alpha.
Keywords: Price, Quality, Design, Purchase Decision.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian field reserch dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen/pemakai kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic dengan menyebarkan kuesioner sebanyak
75 responden. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling insidenta. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda dan menggunakan uji – t dengan taraf signifikansi a = 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic pada masyarakat Kabupaten Kudus dibuktikan dari hasil uji- t untuk harga menunjukan t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,140 > 1,992) dengan df 75 dan nilai probabilitas sebesar 0.000 yaitu berada dibawah 5% dari tingkat signifikan. Kedua, kualitas mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar
1,157 dan t tabel sebesar 1,992, sehingga t-hitung lebih kecil dari t-tabel (1,157 < 1,992) dari df 75 dengan nilai P value 0,251. Dan yang ketiga, desain mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor merek Honda jenis skutermatic pada masyarakat Kabupaten Kudus. Ini dibuktikan dari hasil uji t yaitu untuk desain menunjukan t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,073 > 1,992), sedangkan nilai P value 0,003 yang berada diatas Alpha 5%.
Kata Kunci : Harga, Kualitas, Desain, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Domodor Gujarati, Ekonomitrika Dasar, Jakarta: Erlangga, 1999. Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset,
Gaspert, Vincent, Total Quality Management (TQM), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2001
Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, UNDIP Press, Semarang, 2001.
Gitosudarmo, Indrio, Manajemen Pemasaran, BPFE, Jogjakarta,
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan
Implementasi Dan Kontrol”, Jilid 1, Jakarta, PT. Prehalindo,
Sodik, Nur, “Analisis Keberhasilan Persepsi Konsumen Pada Negara Asal Terhadap Konsumen di Kota Surakarta Tahun 2003)”, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No. 1, Mei 2004 Surakarta, 2004.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cet. 1, Bandung: Alfabeta,
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Swastha, Basu dan Handoko, Hani, Manajemen Pemasaran: Analisa
Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE, 2000.
, & Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberti, 2003.
Stanton, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama dan Jakarta Business Research Center, 2000.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v9i1.854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian
Indexed by:
JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.