Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat

Munawaroh Munawaroh, Badrus Zaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Majelis taklim ahad pagi di Desa Kadirejo dalam meningkatkan pemahaman keagamaan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh diolah dan dijelaskan dalam deskripsi penulis. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan pengasuh, pengurus dan beberapa jamaah Majelis taklim ahad pagi di Desa Kadirejo, serta sumber data sekunder yang berasal dari dokumentasi kegiatan. Adapun hasil temuan dari peran majelis taklim ahad pagi di Desa Kadirejo dalam meningkatkan pemahaman keagamaan yaitu: 1. Pembinaan keimanan jamaah, setelah mengikuti Majelis taklim ahad pagi ini jamaah merasakan adanya peningkatan keimanan. 2. Membina keluarga dalam mewujudkan keluarga sakinah melalui kegiatan bahsul masail di Ahad legi. 3. Pemberdayaan kaum dhuafa dengan diadakannya kegiatan santunan anak yatim setiap bulan Muharram. 4. Peningkatan ekonomi rumah tangga dengan banyaknya jamaah yang ikut mengaji sambil berjualan. 5. Sebagai tempat untuk belajar ilmu agama, sehingga dapat meningkatkan pemahaman keagamaan. 6. Membina kerukunan sesama umat dengan silaturrahim.


Keywords


Peran Majelis Taklim, Pemahaman Keagamaan

References


Ali, Mohammad & Muhammad Asrori. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

As-Siba’i, Musthafa. Sirah Nabawiyah Pelajaran dari Kehidupan Nabi. Solo: Era Adicitra Intermedia, 2011.

Bahreisj, Hussein. Hadits Shahih Al-Jamius Shahih Buhari-Muslim. Surabaya: CV Karya Utama. T.th.

Departemen Agama RI. Al-Hidayah Al-Qur’an Tafsir per Kata Tajwid Kode Angka. Jakarta: Kalim, 2011.

Kholifah.“Penyelenggaraan Pengajian Majelis Taklim Amanah dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Jamaah di Perumahan Griya Pandana Merdeka Ngaliyan Semarang”. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Walisongo. Semarang, 2018.

Muhsin MK. Manajemen Majelis Ta’lim, Petunjuk Praktis Pengelolaan dan Pembentukannya. Jakarta: Pustaka Intermasa, 2009.

Pulungan, Muhammad Yusuf.“Peran Majelis Taklim dalam Membina Keluarga Sakinah Masyarakat Muslim di Kota Padangsidimpuan”. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman. Vol. 9, No. 1, 2014.

Rochimah, Nur Apriliya & Badrus Zaman. Pendidikan Moral Anak Jalanan. Yogyakarta: Trussmedia Grafika, 2018.

Rosidin & Nurul Aeni.“Pemahaman Agama dalam Konteks Kebangsaan: Studi Kasus pada Organisasi Rohis SMA Negeri 1 Sragen”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 2, No. 2, 2017.

Rustan, Ahmad S. “Peranan Majelis Taklim Anas Bin Malik dalam Membina Silaturrahim Masyarakat di Kabupaten Pare-Pare”. Al-Khitabah. Vol. 4, No. 1, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Zaman, Badrus. Pendidikan Akhlak pada Anak Jalanan di Surakarta. Jurnal Inspirasi Vol. 2 No. 2 Undaris Ungaran, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v14i2.7836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.