‘DIVA THE SERIES’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENANAMKAN NILAI SOSIAL DAN KEAGAMAAN BAGI ANAK
Abstract
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial dan nilai keagamaan yang ada dalam film kartun “Diva the Series’ serta mengetahui bagaimana pengaruh film kartun “Diva the Series” terhadap perkembangan anak. Subjek penelitian ini adalah film kartun “Diva the Series”. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang fokus pada content analysis (analisis isi) dengan subjek penelitian “Diva the Series” episode 1-50 . Dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sosial yang terkandung dalam film tersebut adalah nilai ekonomi, nilai rekreasi, nilai perserikatan, nilai kejasmanian dan nilai watak dengan nilai watakdan perserikatan mendominasi dalam nilai sosial ini. Nilai keagamaan yang terkandung dalam film kartun “Diva the Series” meliputi nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak. Dan hasil ketiga menunjukkah bahwa film kartun “Diva the Series” memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan anak karena mengandung nilai sosial dan keagamaan yang sangat tinggi sehingga anak menjadi lebih peka terhadap kondisi apapun.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhar Arsyad, Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000
Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000
DepDikBud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990
Farida Mayar, Perkembangan Sosial Anak Usia Dini sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa, Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013
Ian Dey, Qualitative Data Analysis, New York: RNY, 1995
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009
Masnur Muslich. Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: Erlangga, 2009
Nasirudin, Pendidikan Tasawuf, Semarang: Rasail Media Group, 2010
Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003
Rois Mahfud, Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009
Tim Penyusun, Media Pembelajaran, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal
Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama‟ah, Semarang: Pustaka Imam asy-Syafi‟i, 2004
Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1996
Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2005
Zakiyah Kholidah. Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta). AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, Volume 3, Nomor 1, Maret 2013
Zubaidi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.