Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri
Abstract
Di era reformasi seperti sekarang banyak pihak mulai mempertanyakan tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berdasarkan pengalaman yang terjadi menunjukkan bahwa selama ini Indonesia yang merupakan salah satu Negara berkembang belum pernah terbebas dari kemiskinan, keterbelakangan dan pengangguran yang pada dasarnya kondisi tersebut sesuatu yang ditolak manusia tetapi sulit untuk dihindarkan,yang kemudian masyarakat kita mengalami perubahan yang sangat pesat tetapi belum menghadirkan kemandirian dan kesejahteraan. Dalam pembelajaran pada masyarakat tentunya tidak terlepas dari nilai-nilai pendidikan Islam yang pada saat sekarang banyak pembelajaran yang dilaksanakan melalui pendidikan-pendidikan non formal dengan berbagai macam model maupun bentuk misalnya pembelajaran bagi masyarakat dengan program pemberdayaan yaitu melalui PNPM mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam PNPM Mandiri?.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, serta menggunakan metode telaah dokumen dalam mengumpulkan data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur tentang pemberdayaan masyarakat dan PNPM mandiri. Karena datanya berupa deskriptif, maka teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah contens analysis yaitu menganalisa isi dari data yang diperoleh.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : dalam PNPM mandiri mengajarkan nilai-nilai pendidikan Islam, nilai- nilai tersebut adalah nilai khuluqiyah (jujur, amanah, ikhlas, adil ) dan nilai amaliyah ( kesetaraan, kesatuan dalam keberagaman, demokrasi, transparansi, partisipasi). Semua nilai-nilai tersebut sejalan dengan prinsip dasar dalam pemberdayaan masyarakat.
Kata kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam, Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Ahmadi, Nor S, MKDU Dasar Dasar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Al-Imam Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf An-Nawawi diterjemahkan Achmad Sunarto, Terjemahan Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani, 1999.
Arief, Armai, Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam, Jakart: Ciputat Pers, 2002.
Arifin, H. M., Ilmu Pendidikan Islam Sekolah: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Aziz, Erwati, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam. Solo: Tiga Serangkai, 2003.
Crescent, Tim, Menuju Masyarakat Mandiri: Pengembangan Sistem Keterjaminan Sosial, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.
CSIS, Pemberdayaan Masyarakat Lapis Bawah Center for setrategis and International Studies/ jurnal, 1997.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004, hlm. 19.
Darmadi, Hamid, Dasar konsep Pendidikan Moral, Landasan Konsep Dasar dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2007.
DPU DirJen, Panduan Diskusi Refleksi Kemiskinan, Jakarta: Cipta Karya, 2007.
__________, Panduan Fasilitasi Rembug Kesiapan Masyarakat. Jakarta: Cipta Karya, 2007.
__________, Pedoman Teknis Pelaksanaan FGD Refleksi Kemiskinan, Jakarta: Cipta Karya, 2007.
__________, Pedoman Umum P2KP 3, Jakarta: Cipta Karya, 2005.
__________, Petunjuk Pelaksanaan PNPM Mandiri P2KP, Jakarta: Cipta Karya, 2007.
Farihah, Irzum, “Strategi Dakwah Di Tengah Konflik Masyarakat“, Jurnal Addin, Volume 8, Nomor 2, Agustus 2014.
http://www.pnpm_mandiri.org/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid+51&Itemid=46.
Jalaludin & Abdullah Idi, Filsafat Pendidkan Manusia, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Moleong, Lexi, J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 1999.
Randy, R.W dan Riant, N.D, Manajement Pemberdayaan: Sebuah pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.
S, Ambar Teguh, Kemitraan dan Model Model Pemberdayaan, Yogyakarta: Gava Media, 2004
Sumodiningrat, Gunawan, Pemberdayaan Sosial, Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2007.
Usman, Sunyoto, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008.
Zed Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.