EVALUASI PENGAJARAN BAHASA ARAB DI STAIN KUDUS: UPAYA UNTUK MENEMUKAN BENTUK IDEAL PENGAJARAN BAHASA ARAB

Zaimatus Sa’diyah

Abstract


Sebagai lembaga pendidikan Islam, STAIN Kudus mempunyai tanggungjawab untuk menjaga keberlangsungan pengajaran bahasa Arab bagi mahasiswa.Hal ini terwujud dalam bentuk mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa di lingkungan STAIN Kudus.Meski mungkin bagi sebagian besar mahasiswa STAIN Kudus bahasa Arab bukan lagi menjadi hal yang baru, namun hal ini tidak menggugurkan beban kewajiban lembaga pendidikan ini untuk mengajarkan bahasa Arab pada mahasiswa.Hal ini tentu saja berdasar pada kesadaran atas hubungan yang erat antara bahasa dan kualitas hidup seseorang.Secara teoritis, bahasa berperan penting dalam menciptakan bangsa yang unggul.Keunggulan suatu bangsa bertumpu pada pencapaian prestasi generasinya, prestasi ini bertumpu pada keunggulan berpikir, dan keunggulan berpikir berbanding lurus dengan keunggulan berbahasa.

Keywords


Evaluasi, Pengajaran, Bahasa Arab

References


Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 1995.

Asrori, Imam, dkk. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia. 2012.

Djaali dan Puji Mulyono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo. 2008.

Hasan, Hamid. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009.

http://www.oxfordlearnersdictionaries.com/us/definition/english/evaluate#evaluate__23

Subyakto-Nababan, Sri Utari..Metodologi Pengajaran Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1993.

Sudjana, Nana dan R. Ibrahim.Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algresindo. 2007.

Suherdi, Didi. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa.. Bandung: CELTICS Press.Online Resource. 2012.

Suke Silverius. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i2.1820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.