Pendidikan Karakter bagi Anak Autis di Sekolah Khusus Taruna al-Qur’an yogyakarta

Desti Widiani, Siti Wangidah

Abstract


THE CHARACTER EDUCATION FOR CHILDREN AUTISM IN SPECIAL SCHOOL TARUNA al-Qur’an YOGYAKARTA. The increasing number of children with autism in Indonesia is an issue that is a shared responsibility, not just a part of medical or mental health professionals. In terms of behavior, children with autism tend to hurt himself, not confident and aggressive. In line with these problems, character education also plays a role to steer them into independent human beings and useful within its capabilities in order not to become a burden on the contrary is a gift given by God Almighty. Character education in children with autism in Qur’an through five strategies: first, through the basic principles of service pendidikam children with special needs, both through habituation and familiarization good in school, through keteladan third, fourth through applicative character, and fifth through therapy Qur’an.

Keywords


Character Education; Children Autism

References


Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Alimin, Zaenal, “Reorientasi Pemahaman Konsep Pendidikan Khusus Ke Pendidikan Kebutuhan Khusus dan Implikasinya terhadap Layanan Pendidikan”. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus Vol.3 No 1. 2004.

Anshori, Ahmad Afnan, “Konsep Pemikiran Harun ar-Rasyid dalam Pendidikan Karakter”, Jurnal Penelitian, Volume 9, Nomor 2, Agustus 2015.

Aqila Smart, Anak Cacat Bukan Kiamat Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Kata Hati, 2010

Baihaqi, MIF, Memahami dan Membantu Anak ADHD, Bandung: Refika Aditama, 2006

D. Yahya Khan. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing

Danuatmaja. Terapi Anak Autis di Rumah ; Penyuting Hartin Rozaline. Jakarta: Puspa swara. Cet ke-3. 2005

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, Johar Permana. Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011

Departemen Agama. al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: Diponegoro. 2010.

Depdiknas. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. Ke-4. Jakarta: Sinar Grafika. 2007

Handoyo, Autisma; Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak Normal, Autis Dan Perilaku Lain, Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer. 2003

Hambali, Adang dan Bambang Q-Anees, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008

Huzaemah, Kenali Autisme Sejak Dini, Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2010

Judarwanto, Widodo, Deteksi Dini dan Skrening Autis, www. Alergianak.com, diakses 15 April 2014

Koesoema. Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. 2007

Maulana, Mirza. Anak Autis: Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2007

Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta. 2014

Maragustam. Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna: Falsafah Pendidikan Islam. Yogyakarta: Nuha Litera. 2010

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma’arif. 1974

Megawangi, Ratna, “Mampukah Kita Memperbaiki Kondisi Moral Bangsa?”, Suara Pembaharuan, 10 mei 2000, www. Sinar Harapan.co.id, diakses tanggal 1 April 2014

Moelong, Lexy J, Metode Penenelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosda Karya, 1993

Muchlas Samani dan Haryanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Nurchaili, “Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru” dalam Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 16, Edisi Khusus III. Oktober 2010

Rudy Sutadi. Intervensi Biomedis Pada Masalah Perilaku Autisme. Dalam: Rudy Sutadi, Lucky Aziza Bawazir, dan Nia Tanjung, editor: Penatalaksanaan Holistik Autisme. Jakarta: Pusat Informasi dan Penerbitan Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2003

Safaria, Penelitian Autis, www. Sinar Harapan.co.id. diakses 10 Maret 2014

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Pendidikan Karakter ; Konsep dan Model, Bandung: PT. Rosdakarya Offset, 2012

Utami, Sri. Layanan Pendidikan Bagi Anak Autistik. Jakarta: Program Pelatihan Guru-Guru SLB Seluruh Indonesia. 2005

Veskarisyanti. 12 Terapi Autis: Paling Efektif dan Hemat. Yogyakarta: Galang Press. 2008

Wiyono, Joko. Memahami Anak Autistik: Kajian Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta. 2009

Yatim, Faisal, Autis Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-Anak, Jakarta; Pustaka Popular Obor, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.