Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap

Sulvinajayanti Sulvinajayanti, Adnan Achiruddin Saleh, M. Nasri Hamang

Abstract


Kasus kekerasan pada anak masih marak terjadi khusunya yang terjadi dalam lingkup keluarga. Pelaku kekerasan berdasarkan hubungan orangtua baik suami maupun istri masih sangat tinggi persentasenya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan pengasuhan disiplin postif islami. Pengasuhan disiplin positif Islami mengarahkan orang tua melihat dibalik setiap perilaku, perasaan, dan pikiran anak sehingga orang tua mampu memahami perkembangan anak. Kekerasan disebabkan oleh persepsi yang terbangun yakni proses belajar, motivasi, dan kepribadian. Tujuan dari penelitian ini adalah efektifitas pengasuhan disiplin positif Islami bagi orang tua sebagai upaya penurunan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Sidenreng Rappang. Desain penelitian menggunakan quasi-eksperimen yang dilakukan pada 34 orangtua yang berada dalam sebelas kecamatan di Kabupaten Sidrap. Taeknis analisis data yang digunakan adalah uji paired sample T Tes dengan desain eksperimennya yaitu pre test – post test design yaitu dengan membandingkan antara hasil pre test sebelum diberikan perlakuan dengan hasil post test setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan disiplin positif Islami efektif mengubah persepsi kekerasan orang tua terhadap anak di Kabupaten Sidrap.


Keywords


Disiplin positif; kekerasan anak; pengasuhan Islami.

References


Ayuk Rahadhian, S. (2010). Program Pengasuhan Positif Untuk Mengurangi Aspek Pola Pengasuhan Disfungsional. Universitas Gajah Mada.

Baumrind, D. (2012). Differentiating between confrontive and coercive kinds of parental power-assertive disciplinary practices. Human Development, 55(2), 35–51. https://doi.org/10.1159/000337962

Budyatna, M., & Ganiem, L. M. (2011). Teori komunikasi antarpribadi. Kencana.

Cook, T. D. (2015). Quasi-Experimental Design. In Wiley Encyclopedia of Management (pp. 1–2). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom110227

Hamang, N., & Saleh, A. A. (2019). Bimbingan Klasikal Islami: Cara Keren Mendidik Anak Tanpa Kekerasan. Aksara Timur. http://repository.stainparepare.ac.id/1261/

Hamang, N., Saleh, A. A., & Sulvinajayanti. (2020). Pengasuhan Disiplin Positif Islami (Perspektif Psikologi Komunikasi Keluarga). Aksara Timur.

Hidayat, N., Darwati, S., & Danarti. (2016). Disiplin Positif ; Membentuk Karakter Tanpa Hukuman. The Progressive Fun Education Seminar, 471–477.

Kassamali, T. (2019). Raising Children, Ten lessons on the Islamic way of raising children. Tayyiba Publishers & Distributors.

Ni’mah, T. (2017). Happy Parenting without Spanking or Yelling. Buana Ilmu Populer.

Nurjannah. (2018). Kekerasan Pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal for Islamic Studies, 2(1).

Praditama, S., Nurhadi, & Budiarti, A. C. (2015). Kekerasan Terhadap Anak dalam Keluarga dalam Perspektif Fakta Sosial. Jurnal Ilmiah Pend. Sos. Ant, 5(2), 1–18.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. https://www.goodreads.com/book/show/4495859-psikologi-komunikasi

Retnaningsih, W., & Setiyawati, D. (2019). Validasi Modul Pelatihan Disiplin Positif untuk Meningkatkan Praktik Pengasuhan pada Ibu Anak Prasekolah. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(2), 158. https://doi.org/10.22146/gamajpp.50373

Retnaningsih, W., Setiyawati, D., Zahra, I., Psikologi, F., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Hastjarjo, T. D., Ritonga, M. S. G., KPAI, Ii, B. A. B., Relevan, A. K. Y., Cempaka Putrie Dimala, Verawati, M., Ernawati, H., Desiningrum, D. R., Fauziah, N., Chanawongse. 2011. Pengaruh kompetensi, indepedensi, workload dan spesialisasi auditor terhadap kualitas audit. pp: 1-2, Aulina, C. N., … Noviana, Pi. (2015). Kekerasan pada Anak Meningkat. Sosio Informa, 1(1), 476–482. https://doi.org/10.1177/1049731509360976

Saleh, A. A. (2019). BIMBINGAN KLASIKAL ISLAMI BAGI ORANG TUA TERHADAP PERSEPSI KEKERASAN PADA ANAK. JURNAL PENELITIAN, 13(2), 353–374. https://doi.org/10.21043/JP.V13I2.6038

Sanders, M. R., & Woolley, M. L. (2005). The relationship between maternal self-efficacy and parenting practices: implications for parent training. Child: Care, Health and Development, 31(1), 65–73. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2005.00487.x

Sanders, Matthew R. (1999). Triple P-positive parenting program: Towards an empirically validated multilevel parenting and family support strategy for the prevention of behavior and emotional problems in children. Clinical Child and Family Psychology Review, 2(2), 71–90. https://doi.org/10.1023/A:1021843613840

Sanders, Matthew R., Markie-Dadds, C., Tully, L. A., & Bor, W. (2000). The Triple P-positive parenting program: A comparison of enhanced, standard, and self-directed behavioral family intervention for parents of children with early onset conduct problems. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 68(4), 624–640. https://doi.org/10.1037/0022-006X.68.4.624

Sarwinda, S. (2019). Komunikasi Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Remaja Di Desa Tanjung Aman Lampung Utara. Jurnal Al-Bayan, 24(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.2857

Slade, E. P., & Wissow, L. S. (2004). Spanking in Early Childhood and Later Behavior Problems: A Prospective Study of Infants and Young Toddlers. Pediatrics, 113(5).

Steinberg, L. (2001). We Know Some Things: Parent-Adolescent Relationships in Retrospect and Prospect. Journal of Research on Adolescence, 11(1), 1–19. https://doi.org/10.1111/1532-7795.00001

UNICEF Egypt. (2016). The Islamic Perspective on Protecting Children From Violence And Harmful Practices. Dar Al-Kutb Al Marsya.

Verawati, M., & Ernawati, H. (n.d.). Analisa Persepsi Orangtua Tentang Kekerasan Pada Anak di Ponogoro. Jurnal Psikologi, 7(1).

Zahra, I. (2020). Salah Kaprah Memahami Kedisiplinan : Tinjau Ulang Konsep Disiplin Pada Anak Melalui Kacamata Psikologi Pengasuhan Islami Pendahuluan Disiplin kekerasan ( violent discipline ) di rumah adalah bentuk kekerasan yang paling umum dialami oleh anak-anak usia 1. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(1), 58–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v15i1.10241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.