Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata

Mansur S, Sulasfiana Alfi Raida, Sukarman Hadi Jaya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMAS Katolik Caritas Maumere dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada materi Invertebrata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018 dengan subyek penelitian adalah 20 siswa kelas X SMAS Katolik Caritas Maumere tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif diperoleh dari hasil post-test juga lembar observasi. Hasil motivasi belajar diperoleh dari hasil lembar kuisioner pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran metode picture and picture pada pokok bahasan Invertebrata dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif  dari rata – rata skor siklus I  78,5 menjadi 86,75 di siklus II dan persentase pencapaian KKM dari 70 % di siklus I menjadi 100 % di siklus II dan  peningkatan motivasi belajar dari 69,68% kriteria minimal sedang di siklus I menjadi 86,87% di siklus II pada kriteria tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok Invertebrata kelas X SMAS Katolik Caritas Maumere.


Keywords


Picture and Picture, Hasil Belajar, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Fauzi, R., Dwiastuti. S, dan Harlita 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Biologi siswa Kelas VIII D SMP Negeri 14 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. No. 3, Vol 3.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I., dan Sani. B, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta Kata Pena.

Nasution, S. H., Lestari, R dan Dahlia. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Colek Pipi (Cooperative Learning Ko Picture and Picture) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Biologi.

Natalia, M., Yusuf, Y. dan Rahmayani. D 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII IPA SMAN I Ukui. Jurnal Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Riau.

Puspita, M., Gusmaweti dan Azrita. 2012. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Model Picture and Picture Dalam Pembelajaran Biologi Siswa kelas VII SMPN 1 Tiumang Kabupaten Dharmasraya. Dharmasraya: Jurnal Pendidikan Biologi.

Riyona, B dan Retnoningsih, A. 2015. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN STRATEGI INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Unnes Journal of Biology Education. Unnes. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/8907/5827

Sasmita, G. A. D., Gitakarma, M. S dan antiyadnya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahan Siswa di Kelas XI Mipa 1 SMAN 3 Singaraja. E-jurnal JPTE Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4, No. 1.

Taniredja, T,. Pujiati, I,. Dan Nyata, 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.9796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg