Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Alternatif Bisnis Di Masa Pandemi

Irma Yuniar Wardhani, Shela Maria Amanda, Avida Rista Kusuma

Abstract


Pandemi covid-19 berdampak pada semua aspek kehidupan, tidak hanya bidang kesehatan, tetapi juga bidang pendidikan, sosial dan ekonomi. Pada bidang ekonomi dan bisnis, hampir seluruh entrepreneur di dunia ini ikut terkena dampak pandemi covid-19. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bioentrepreneurship diperkenalkan secara lebih dalam kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan solusi kepada masyarakat yang sedang memulai bisnis atau entrepreneur yang terkena dampak covid-19. Bioentrepreneurship merupakan integrasi antara ilmu biologi dengan ilmu bisnis yang melibatkan seluruh aspek makhluk hidup. Bioentrepreneurship dapat dipraktekan di rumah selama pandemi covid-19 sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan alternatif bisnis yang menjanjikan, seperti pembuatan jamu atau empon-empon anti corona, skin care organik dan sebagainya. Pengembangan bioentrepreneurhsip di Indonesia dapat memberikan peluang startup baru bagi masyarakat. Sehingga selama pandemi covid-19 ini, masyarakat tetap aktif, kreatif dan produktif. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu PAR (Participatory Action Research). PAR melibatkan pertisipasi aktif dari semua pihak/ stakeholderdalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Perlu dipahami bahwa PAR memiliki tiga tindakan yang saling berkaitan yaitu partisipasi, riset dan aksi.

 

Kata kunci: Bioentrepreneurship, kreatifitas, alternatif bisnis, pandemi covid-19.


Keywords


Bioentrepreneurship, kreatifitas, alternatif bisnis, pandemi covid-19.

Full Text:

PDF

References


Afriadi, Roni dan Revita Yuni. (2018). Pengembangan Jiwa Bioentrepreneur Mahasiswa Biologi. Jurnal Biolokus, 1(2), 123-127.

Asikin, M. & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 203-213.

Brown, J. T., dan Kant, A. C. (2009). Creating Bioentrepreneurs: How Graduate Student Organisations Foster Science Entrepreneurship. Journal of Commercial Biotechnology. 15: 125-135.

Ermawati & Widodo, J. (2015). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kepercayaan Diri terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 876-887.

Garaika & Margahana, H. (2019). Self Efficacy, Self Personality and Self Confidence on Entrepreneurial Intention: Study on Young Enterprises. Journal of Entrepreneurship Education, 22(1), 1-12.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Prakarya dan Kewirausahaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Lynskey, Michael J. (2004). Bioentrepreneurship in Japan: Institutional Transformation and The Growth of Bioventures. Henry Stewart Publications 1478-565x. Journal Of Commercial Biotechnology. Vol 11. No 1. 9–37. October 2004.

Mahmudi, Ali. (2008). Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. Makalah disampaikan pada Konferensi Nasional Matematika (KNM) XIV Universitas Sriwijaya Palembang. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2001%20KNM%20UNSRI%202008%20_Pemecahan%20Masalah%20&%20Berpikir%20Kreatif.pdf

Prihatiningrum, Putri, SriMulyani Endang Susilowati, Andreas Priyono Budi Prasetyo. (2019). Effect of Bioentrepreneurship on Biology Learning Achievement, Creativity, and Entrepreneurial Interest. Journal of Innovative Science Education, JISE 9 (3) 2020 : 250 – 259.

Saputra, Anjar. (2020). Obat Herbal yang Disarankan BPOM Untuk Menangkal Virus Corona. Diakses dari https://health.grid.id/read/352118481/obat-herbal-yang-disarankan-bpom-untuk-menangkal-virus-corona?page=all

Schoemaker, Hubert J. P. and Anne Faulkner Schoemaker. (1999). The three pillars of Bioentrepreneurship. Nature Biotechnology Volume 16 Supplement 1999.

Sisnodo, dkk. (2015). Pembelajaran Bervisi Bioentrepreneurship Melalui Pembuatan Makanan Hasil Fermentasi Berbahan Dasar Kedelai Lokal. Jurnal Biology Science & Education, 4(2), 85-96.

Syaiful, Fahmi Fadlillah. (2020). Manajemen Entrepreneurship Education Melalui Pemasaran di Tengah Pandemi Covid-19: Studi Kasus Usaha Minuman Kamsia Boba di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Non Formal, 1(2), 336-342.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg