Teams Games and Tournament (TGT) Berbasis Outdoor Study untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Hanin Niswatul Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teams Games and Tournament (TGT) berbasis outdoor study terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII B (eksperimen) dan kelas VII A (kontrol) dengan jumlah 64 peserta didik. Pengambilan data dengan cara membagikan soal essay kepada peserta didik sebelum dan sesudah aplikasi model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) berbasis outdoor study. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan software Minitab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai P-Value sebesar 0,000. Karena nilai P-Value  kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan argumentasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) berbasis outdoor study dengan kemampuan argumentasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional

Keywords


Argumentasi; Teams Games and Tournament; Outdoor

Full Text:

PDF

References


Budiyono Agus. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4 (1) 84-93. Diunduh dari http://www.journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/66

Lisdayeni Sri, Darsono Darsono, dan Risma M. Sinaga. (2015). Penerapan Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal IPS FKIP Universitas Lampung, 3 (3) 1-14. Diunduh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/10342

Marhamah Ofi Shofiyatun. (2017). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciawigebang. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9 (2) 39-45. Diunduh dari http://www.journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/747

Putri Hermia Kurnia, Pargito, dan Sudarmi. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaborasi Antar TGT Dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar GeografiI. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Lampung, 2 (1) 1-11. Diunduh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpg/article/view/3613

Wahdan Wiwit Zahrotul. (2017). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Materi Ikatan Kimia Peserta Didik SMA, MAN, dan Perguruan Tinggi Tingkat 1. Jurnal Pembelajaran Kimia, 2 (2) 30-40. Diunduh dari http://journal2.um.ac.id/index.php/j-pek/article/view/2885

Widhiastuti Ratieh dan Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9 (1) 48-56. Diunduh dari http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/3355




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg