Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran biologi materi pokok kingdom animalia. Tujuannya untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif antara motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games tournament (TGT) dengan prestasi belajar peserta didik.
Metode angket dengan teknik korelasi yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, baik itu siswa kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Adapun untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik menggunakan hasil test sub bab materi pokok kingdom animalia. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan jumlah responden kelas eksperimen (XB) 35 siswa, sedangkan jumlah peserta didik kelas kontrol (XA) berjumlah 34 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling.
Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan reumus regresi. Dari dua variabel yang ada yaitu, variabel X (motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran TGT), pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 53,571 itu lebih besar daripada rata motivasi belajar kelas kontrol (39,056). Begitu juga rata nilai ulangan sub bab meteri kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol (73,89>67,65).
Setelah diuji hipotresis ternyata terdapat pengaruh yang positif antara keadaan motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT), hal ini ditunjukkan dengan hitung : 15,544> tabel 5% (4,13), hitung : 15,544> tabel 1% (7,44). Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dikarenakan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Teams-Games-Tournament (TGT) terhada prestasi belajar peserta didik kelas X mata pelajaran biologi materi pokok kingdim animalia MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu KendalKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
Atkinson, J. W, An Introduction to Motivation (New York: Van Nostrand Reinhold, 1964),
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), hlm 97-99
Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm.101
Gunawan, Adi W, Genius Learning Strategy “ Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning”, ( Jakarta : PT .Gramedia Pustaka Utama, 2004)
Hadjar, Ibnu, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996)
Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Mahmud, Psikologi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.
Nasution S , Didaktik Asas-Asas Mengajar, ( Jakarta : Bumi Aksara, 1995)
Nuryani Y Rustama, dkk, Startegi Belajar Mengajar Biologi, ( tt.p : Universitas Pendidikan Indonesia, 2003)
Sardiman, A. M, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Cet. Kesembilan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)
Slavin, Robert E, Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik, (Bandung: Nusa Media, 2008)
Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D), (Bandung : Alfabeta, 2007).
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2007)
Suprijono Agus, COOPERATIVE LEARNING: Teori Dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Rajawali Offset, 2002)
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2010)
Uno, Hamzah B, Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Bidang Pendidikan, Edisi 1 Cet. 4, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Wayne K. Hoy, and Cecil G. Miskel, EDUCATION ADMINISTRATION Theory, Research, and Practice (New York:Random House, 1987)
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7762
Refbacks
- There are currently no refbacks.