Analisis Butir Soal Keterampilan Proses Sains Pada Instrumen Uji Coba Materi Ekosistem

Wianda - Nurfauziah, Sistiana - Windyariani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal keterampilan proses sains pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan secara online melalui pendekatan deskriptif. Beberapa uji yang dilakukan di antaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 orang. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas butir soal dari tingkat validitas soal, persentase soal valid sebesar 63% dan yang tidak valid sebesar 37%. Hasil uji reliabilitas soal dengan menggunakan program AnatesV4 dan taraf signifikan 5%  dengan jumlah N = 35 diperoleh nilai rtabel = 0,334, sedangkan rhitung = 0,76. Karena rhitung 0,76 > rtabel 0,334, maka Instrumen yang digunakan bersifat reliabel. Adapun tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa 70,3% soal berada pada kategori sedang, dan 51,2% memiliki daya pembeda dengan kategori baik atau sangat baik. Hasil analisis butir soal ini mengindikasikan bahwa soal keterampilan proses dikategorikan sudah valid dan reliabel serta dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.

ABSTARCT

This study aims to describe the quality of the item science process skills in the material ecosystem. This type of research is online field research through a descriptive approach. Some tests include validity, reliability, difficulty, and differentiation. This research was conducted at SMA Negeri 4 Sukabumi City. The population of this research is the students of class XI Science. Sampling in this study was conducted by purposive sampling. The sample in this study were 35 students of class XI Science 3. The analysis shows that the quality of the items from the level of validity of the questions, the percentage of valid questions was 63% and the invalid ones were 37%. The reliability test results using the AnatesV4 program and a significant level of 5% with the number N = 35 obtained rtable = 0.334, while rcount = 0.76. Because r count 0.76> r table 0.334, the instrument used is reliable. Then in terms of the level of difficulty, that at a percentage of 70.3% (29) the most difficult category is in the medium category. And in terms of distinguishing power, obtained a percentage of 51.2% which is a good or very good category relative to a very large percentage. In conclusion, questions that are valid and reliable can already be used for further research.


Keywords


Difficulty Level, Distinguishing Power, Reliability test, Science Process Skills. Validity Test, Difficulty Level, Distinguishing Power, Reliability test, Science Process Skills. Validity Test

Full Text:

PDF

References


Alpusari, M. (2014). Analisis Butir Soal Konsep Dasar IPA 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar Fakultas Kependidikan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1).2303-1514

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Darwis, R. & Rustaman, N. Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Aktivitas Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1) 13-21.

Hadiat. (1994). Pendidikan Sains, Teknologi, dan Masyarakat di Indonesia. Bandung: Depdikbud.

Hayati, N. & Djemari Mardapi. (2014). Pengembangan Butir Soal Matematika SD Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Dalam Pengadaan Bank Soa. Jurnal Kependidikan. 44(1).26-38

Ibrahim, M & Aliata. (2013). Kualitas Tes Ujian Nasional Matematika Peserta didik SMP Negeri Di Kabupaten Button Utara Tahun Ajaran 2011-2012. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 1(1).

Nayla, A. A & Ani Widayati. (2012). Analisi Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akutansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10(1) 1-6

Nugraha, A. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Ratnaningsih, D,J & Isfarudi. (2013). Analisis Butir Tes Objektif Ujian Akhir Semester Mahapeserta didik Universitas Terbuka Berdasarkan Teori Tes Modern. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 14(2) 98-109.

Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Sari, P,M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Sistem Regulasi (Tesis Diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudijono, (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sumintono et al (2010). Pembelajaran Sains, Pengembangan Ketrampilan Sains Dan Sikap Ilmiah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik. Jurnal Al-Bidayah. 2(1) 63-852.

Supandi & Farikhah, L. (2015). Analisis Butir Soal Matematika Pada Instrumen Uji Coba Materi Segitiga.

Trianto. (2008). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. (Konsep Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i2.7468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg