Profil Kemampuan dan Kreativitas Guru IPA dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Pada Pembelajaran Kurikulum 2013
Abstract
Penyusunan karya tulis ilmiah (KTI) oleh guru IPA erat kaitannya dengan usaha mereka dalam memperbaiki proses dan hasil belajar serta menunjang untuk kenaikan pangkatnya. Dalam rangka membekalkan kemampuan menyusun KTI kepada guru, PPPPTK IPA telah mengembangkan diklatnya secara daring yang terdiri atas dua tahap dan telah diselesaikan Tahap I. Sebelum memasuki kegiatan belajar di Tahap II, diperlukan informasi tentang kemampuan guru dalam menyusun KTI. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan menggambarkan:1) profil guru IPA dalam menyusun KTI dan 2) profil kreativitasnya setelah mengikuti diklat Tahap I. Responden dalam kajian ini adalah 42 guru IPA peserta diklat yang dilakukan pada Bulan April sampai Mei 2020. Pada kajian ini digunakan data kemampuan guru dalam menyusun KTI melalui penilaian dokumen proposal dan persepsi sikap kreatif guru dengan menggunakan kuesioner. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya, kemampuan guru meyusun KTI dengan nilai tertinggi pada aspek penggunaan bahasa yang baik dan terendah pada aspek menulis secara ilmiah dengan baik. Berdasarkan Profil sikap kreatif menunjukkaan bahwa nilai tertinggi aspek imajinasi yang tinggi dan nilai terendah pada aspek berani mengambil risiko.
Kata kunci: Karya Tulis Ilmiah, kemampuan, kreativitas, guru IPA
Full Text:
PDFReferences
ukit, M. (2015). Upaya Reflektif Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2015; hlm. 1 - 7
Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Kependidikan 3 (2); hlm 105-114
Cheng, V. M. Y. (2010) Teaching creative thinking in regular science lessons: Potentials and obstacles of three different approaches in an Asian context. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 11 (1) p.1 (Jun., 2010)
Dewi, R. S., Kurniatun, T. C., & Abubakar. (2018). Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan XXV (1); hlm 150-158
Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan. (2016). Buku I. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Ditjen GITK; Jakarta
Dwijayanti, R. Marlena, N., Patrikha, F. D., & Parjono. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1 (2); hlm 249-266
Ernawati & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5 (2); hlm 49-56
Glynn, S. M. & Muth, K. D. (1994). Reading and Writing to Learn Science: Achieving Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 31 (9); pp. 1057-1073
Kartowagiran, b. (2012). Pemanfaatan hasil penilaian. Makalah disampaikan pada Semlok Penilaian Hasil Belajar tanggal 6 – 7 September 2012 di Fakultas Teknik UNY
Katoch, S. K. (2016). Secondary School Teacher’s Attitude Towards Creative Teaching. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, Online ISSN 2278-8808
Kemdikbud. (2018). Peraturan Menterei Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kemdikbud: Jakarta
Kemdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Kemdiknas; Jakarta
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity; hlm. 97 – 114
Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Prayitno, B. A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Kajian Filosofis, Metodologis, dan Tindak Lanjutnya dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2015; hlm. 8-15
Rispawati & Herianto, E. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2 (1); hlm 133-140
Senel, E. (2018). The Integration of Creative Writing into Academic Writing Skills in EFL Classes . International Journal of Languages’ Education and Teaching, 6 (2); pp. 115-120
Sumardjoko, B. (2017). Pemetaan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah. The 5th Urecol Proceeding UAD. Hlm 191-198
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi, 1 (1); hlm 1-7
Taufik, M., Dola, A., Kamaruddin, & Saleh, M. (2016). The Effect of Various Strategies of Learning on Writing Skill of Scientific Work. Journal of Language Teaching and Research, 7 (3); pp. 460-466
Tok, S. & Kandemir, A. (2015). Effects of creative writing activities on students’ achievement in writing, writing dispositions and attitude to English. Procedia - Social and Behavioral Sciences 174; pp. 1635 – 1642.
Yulika, F., Kasman, S., & Masta, P. K. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Batoboh, 1 (2); hlm 242-255
Yustina. (2015). Profil Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Mata Pelajaran Sains di SMP Kota Pekanbaru. Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak; hlm 259 – 26
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i1.7447
Refbacks
- There are currently no refbacks.