Defining The Needs of Teachers and Students in Relation to Science Learning Videos in Order to Improve Critical Thinking and Collaboration Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyhari, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Metakognitif. Journal Of Biology Education, 1(2), 165. https://doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4111
Butlera, H. A., Bongc, M. P., & Christopher, P. (2017). Kemampuan berpikir kritis adalah prediktor keputusan hidup yang lebih baik daripada kecerdasan. 25, 38–46.
Sih, N. (2019). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sub Materi Metabolisme Sel. 7(3), 350–354. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Febrianti, A. N., & Rb, M. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Sejarah di SMAN 1 Kota Gaja lampung Tengah. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/130
Imanuel, S. A. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 108–119.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jannah, M., Arrahma, A., Erlinawati, E., Rahmad, M., & Yennita, Y. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ipa Siswa Sekolah Menengah Pertama. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 202. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.14230
Khairunnisa, H., Azrai, E. P., & Ristanto, R. H. (2022). The Correlation Between Critical Thinking Skills with Student Metacognitive Skills in Ecosystem Material. Journal Of Biology Education, 5(2), 130. https://doi.org/10.21043/jobe.v5i2.12336
Masrinah, E. N. dkk. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932
Mudlofir, A. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/560
Mustaji, N. (2015). Pemberdayaan Mahasiswa Untuk Berpikir Kritis, Kreatif, dan Kolaboratif Melalui Pengembangan Pengembangan Perangkap Kolaborasi.. Jurnal Kwangsan, 3(1), 59. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i1.25
Najaah, L. S., & Kunci, K. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik sekolah menengah pertama (smp). 115–122.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418.
Pertiwi, A. Y. (2019). Analisis motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa melalui model problem based learning berbantuan media video. Skripsi.
Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, III(1), 1–7. http://journal.stkipmuhammadiyahbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/14
Rozie, F. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air untuk. 2, 413–424.
Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.
Suastra, W. (2013). Model pembelajaran fisika untuk mengembangkan kreativitas berpikir dan karakter bangsa berbasis kearifan lokal Bali. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2166
Sujarwo dan Erma Kusumawardani. (2020). Analisis Kebutuhan Masyarakat. Raja Grafindo Persada.
Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning. Deepublish, 1(1), 1–102. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=ybgYA
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United States of America: New York.
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.
Wahyuningsih, A & Faradita, M. N., (2022). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD Muhammadiyah 9 Surabaya.Jurnal Pendidikan Guru. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/4903
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v7i1.25236
Refbacks
- There are currently no refbacks.