Mapping 5M Abilities (Saintific Ability) In The Learning Process Using The Saintific Learning Approach
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyiyah, ATP, & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Pendekatan Ilmiah) Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pelita Pendidikan , 8 (4), 215–223. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i4.20856
Alchamdani, A., Fatmasari, F., Rahmadani Anugrah, E., Putri Sari, N., Putri, F., & Astina, A. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi di Sulawesi Tenggara. Jurnal Kesehatan Lingkungan , 12 (1), 129–136. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136
Artayasa, IP, Yamin, M., Nathania, EA, Alfiana, F., & Anwari, K. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Tatap Muka dengan Sistem Bergilir Perbandingan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan , 7 (2), 424–430. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.527
Dalimunthe, GD, Amrizal, A., Renova, S., & Siregar, NR (2017). Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik di SMA Swasta UISU Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan , 5 (3), 306–312.
Darmadi, Sekarsari, K., Jannah, M., Rahma, A., & dan Melinda Saskia F. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi COVID-19. INOVATIF: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial , 1 (4(2)), 1–8.
Dewi, PS, & Rochintaniawati, D. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Gkobal Warming. Edusains , 8 (1), 18–26.
Dewi, C.A., Erna, M., Martini, Haris, I., Kundera, I.N. 2021. The Effect of Contextual Collaborative Learning Based Ethnoscience to Increase Student’s Scientific Literacy Ability. Journal of Turkish Science Education, 2021, 18(3), 525-541. DOI no: 10.36681/tused.2021.88
Díaz-Noguera, MD, Hervás-Gómez, C., De la Calle-Cabrera, AM, & López-Meneses, E. (2022). Otonomi, Motivasi, dan Pedagogi Digital Menjadi Faktor Kunci Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Spanyol terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat , 19 (2). https://doi.org/10.3390/ijerph19020654
Djaelani, AK (2019). Efektivitas penerapan pendekatan saintifik (pembelajaran saintifik) terhadap kemampuan berpikir, kritik dan pemecahan masalah matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah , 2 (1), 97–114. https://doi.org/10.5281/zenodo.2576766
Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Internasional Pembelajaran Aktif , 3 (2), 86–91. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal
Kathrin Helena Nowak , Andreas Nehring , Rüdiger Tiemann & Annette Upmeier zu Belzen (2013) Assessing students’ abilities in processes of scientific inquiry in biology using a paper-and-pencil test, Journal of Biological Education, 47:3, 182-188, DOI: 10.1080/00219266.2013.822747
Kemendikbud. (2021a). Buku Saku Pembelajaran Di Masa Pandemi Penyakit Virus Corona 2019 (Vol. 2019). Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/8b4ebf61f4035e5
Kemendikbud. (2021b). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021 Nomor 384 Tahun 2021 Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021 Nomor 440-717 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyeleggaraa. Kemendikbud , 021 , 5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/protokol-kesehatan-ketat-untuk-sekolah-tetap-muka-di-zona-hijau-dan-kuning
KEMENDIKBUD RI. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum , 1 , 1–97.
Madina, S., & Kardena, A. (2021). Kesulitan Menerapkan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013: Studi Kasus pada Seorang Guru Bahasa Inggris. Elsya : Jurnal Studi Bahasa Inggris , 3 (2), 126–133. https://doi.org/10.31849/elsya.v3i2.5794
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berani Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Jurnal Pendidikan Islam , 2 (1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Mustakim, AS, Dewi, R., Mulyasari, A., Juanto, A., Linda, & Kamali, AS (2021). Efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi covid-19 (studi empiris terhadap mahasiswa di STIKP SYEKH MANSHUR). Jurnal Ilmiah Al-Miskawaih : Jurnal Ilmu Pendidikan Agama Islam , 2 (2), 171–178.
Nurlatifah, N., Ahman, E., Machmud, A., & Sobandi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Versus Tatap Muka. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan , 5 (1), 15–18. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2893
Onde, MKLO, Aswat, H., Sari, ER, & Meliza, dan N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (6), 4400–4406. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Persada, YI, Djatmika, ET, & Degeng, INS (2020). Implementasi Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan , 5 (1), 114. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151
Prawiyogi, AG, Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar , 11 (01), 94–101.
Qonita, F., Sa'dullah, A., & Sudrajat, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti Era Pandemi COVID-19 di SMA Negeri 8 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam , 4 , 23–29.
Rhosalia, LA (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education) , 1 (1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112
Riduwan. (2020). Dasar-dasar Penelitian . Alfabet.
Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2016). Pembelajaran Efektif . PT. Remaja Rosdakarya.
Solikha, WK, Martini, & Purnomo, AR (2022). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Masa Pandemi. Pendidikan Sains , 10 (1), 142–149.
Susilowati, S. M. E., & Anam, K. (2017). Improving Students’ Scientific Reasoning and Problem-Solving Skills by The 5E Learning Model. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 9(3), 506-512.
Tasdik, R., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika dalam Situasi Pandemi Covi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 05 (01), 510–521.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v6i2.16042
Refbacks
- There are currently no refbacks.