E-Modul Ekosistem Kearifan Lokal Lampung Barat Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas X SMA

Nukhbatul Bidayati Haka, Ermalia Ermalia, Fredi Ganda Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kelayakan E-modul kearifan lokal Lampung berbasis contextual teaching and learning kelas X mata pelajaran biologi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D) yang mengadaptasi dari teori Borg and Gall 7. Subjek penelitian ini ialah pakar bahasa, pakar modul, pakar media, peserta didik kelas X dan guru SMA Negeri 1 Sumberjaya. Teknik pengumpulan data memakai angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk mengolah data kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan E-modul kearifan lokal Lampung berbasis contextual teaching and learning kelas X mata pelajaran biologi layak digunakan bersumber pada evaluasi mutu E-modul oleh pakar bahasa, pakar modul serta pakar media sebesar 78,7 % , 80% serta 86% dengan kriteria totalitas “sangat layak”. Saat uji coba secara terbatas mendapatkan respon peserta didik sebesar 85% sedangkan saat uji coba secara luas mendapatkan respon peserta didik sebesar 86% dan 88% serta respon pendidik mata pelajaran biologi sebesar 92%. Bersumber pada hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa E-modul kearifan lokal Lampung berbasis contextual teaching and learning kelas X mata pelajaran biologi valid dan praktis untuk digunakan serta dimanfaatkan dalam pembelajaran SMA Negeri 1 Sumberjaya.


Keywords


Contextual Teaching and Learning, E-modul, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjiono. (2012). Pengantar Statistic. RajawaliPers.

Borg and Gall. (2003). Educational Research An Introduction (ed. Tujuh). Allyn and Bacon.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

HAVIZ, M. (2016). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Hirzan, L., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(01), 142–146. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/58

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 3(1), 100–106. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran (D. P. D. dan M. Direktorat Pembinaan SMA (ed.)). DPSMA.

Khusna, N., Shufa, F., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Martinis Yamin. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Gaung Persada Press.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Nadia Ramadhanty, Desnita, Asrizal, Y. D. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E-Modul Newton Gravitasi Dan Usaha Energi Kelas X Sman 2 Padang Universitas Negeri Padang Staf Pengajar Jurusan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang Keterangan Penulis 3. 13(3), 419–426. http://dx.doi.org/10.24036/9207171074

Retno Widjajanti. (2007). Ilmu Pengetahuan Alam. PT. Gelora Aksara Pratama.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saihu, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i2.12085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg