Sikap Kepedulian Lingkungan Siswa Kota Pekanbaru Melalui Program Adiwiyata Tingkat Nasional
Abstract
This research was conducted with the aim of getting an overview of students' attitudes towards the environment at the 13th Junior High School and the 34th Junior High School in Pekanbaru which have received the National Adiwiyata award. The method used in this study is a survey, data collection is done using observation, questionnaires, and interviews. The subjects in this study were class VIII students. 13th Junior High School with a sample of 180 students, and 34 SMP with a sample of 96 students. Each school gets a different presentation. Based on the results of the research from the observation sheet and questionnaire, obtained the average results, namely for Pekanbaru SMPN 13 with an average observation of 77.92% and in the student questionnaire with an average yield of 84.93%. While at 34 Public Schools with an average observation of 77.11% and in student questionnaires with an average yield of 83.87 %%. It can be concluded that the SMP 13 and SMP 34 Pekanbaru have criteria that are very concerned about the environment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. H. 2015. Upaya Pelestarian Lingkungan hidup Melalui Program Adiwiyata sebagai Sumber Belajar bagi Peserta Didik. Jakarta: Skripsi Program Studi IPS Tarbiya. Diambilhttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29231/1/SKRIPSI%20WATERMARK.).(Diakses 20 Februari 2017).
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aprianto, K. 2016. Ini Daftar Sekolah Adiwiyata di Pekanbaru 2012-2016. Gilang NewsDiambil http://gilangnews.com/news/detail/1309/ini-daftar-sekolah-sekolah-adiwiyata-di-pekanbaru-2012-2016. 14 November 2016.(Diakses 15 Mei 2017).
Azmi, F., Elfyetti.Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program
Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan.Jurnal Geografi Vol 9 No.2 (125-132). Diambil dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/download/6901/6052(Di akses 1 November 2017).
Badan Pusat Statistik (BPS). 2013. Indikator Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2013. Jakarta: BPS
Depdiknas, 2009. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 2 Tahun 2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Depdiknas, 2009. Peraturan Menteri Negara Lingkungan hidup No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lingkungan hidup.
Depdiknas, 2013. Peraturan Menteri Negara Lingkungan hidup No 05 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan program Adiwiyata.
Febriana, Ibrohim, & Mahanal. 2016. Potensi Pembelajaran Inkuiri dalam Menumbuhkan Sikap Siswa Terhadap Lingkungan. Fakultas MIPA Universitas Negri Malang. Diambilhttp://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Indri-Febriana-959-969.pdf. (Diakses tanggal 2 Februari 2017).
Fridanata, S, A. 2015 “Impementasi Program Adiwiyata di SMA Negeri 2 Klaten”. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/29450/1/Angga%20Swasdita%20F_11101241034.pdf. (Diakses tanggal 8 Februari 2017).
Gunawan, Z. 2016. Pengembangan Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Pendidikan Vol. 3. No 2 Tahun 2016: Hlm 84. 87. pedagogik. Diambil jurnal.iainuruljadid.ac.id/index.php/pedagogik/article/ view/15/18.(Diakses tanggal 1 Februari 2017).
Handayani, A. 2013. Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SDN Keputaran. Yogyakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Yogyakarta. Diambilpedagogik. jurnal. iainuruljadid.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/15/18. (Diakses 22 Februari 2017).
Kemendikbud, 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud, 2011. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dengan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar, 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Muranti, H, Normelani, & K.P. Hastuti. 2015 Sikap siswa Terhadap Kepedulian Lngkungan Di SMPN 3 Banjarmasin Tahun Ajaran 2014/2015. Diambilhttp://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg/article/view/1425.
(DIakses 13 Oktober 2017)
Riduwan, 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukmadinata, S. N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.10265
Refbacks
- There are currently no refbacks.