The Relationship Between Student's Creativity And Cognitive Learning Outcome Through The Implementation Of Project Based Learning On Biology
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aruman. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Manajemen Pembelajaran Peminatan IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan: (13) 20-21.
Abidin, Z. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan: (1) 65.
Astuti, R. 2015. Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah menjadi Trash Fashion Melalui PJBL. Jurnal Bioedukasi 2015: (8) 39.
Banjarnahor, E., Winardi, Y., & Dirgantoro,K. P.S. 2018. Hubungan Antara Kreativitas Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA Basic SMA ABC Pada Pembelajaran Matematika. Journal of Holistic Matematic Education: 2 (1), 34-44.
Botty, M. 2018. Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Ma’had Islamy Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI: 4 (1), 41-55.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fraenkel & Wallen. 2006. Pendidikan-Metodologi Penelitian. New York: McGraw Hill.
Hw, P.2012. Biologi Sains Lingkungan dan Pembelajarannya dalam Upaya Peningkatan Kemampuan dan Karakter Siswa. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi 2012. Surakarta: FKIP UNS.
Habsari, S. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Grasindo.
Insyasiska, D., Zubaidah, S.,& Susilo, H. 2015. Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi: (07) 19.
Jagantara, I.M.W, Adinyana, P.B & Widiyanti, N.L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Biologi SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (4).
Klein, Joel I. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep an Active Learning. NYC: Department of Education.
Komarudin, Dindin. 2011. Hubungan antara Kreativitas dengan Prestasi Belajar Siswa. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi 2011: (4) 279.
Kusumaningrum, Sih & Djukri, D. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2016: (2) 241.
Laelasari, I., & Dewi, N. P. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8447
Laelasari, I., & Hilmi Adisendjaja, Y. 2018. Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana (Vol. 01). Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea
Laelasari, I., & Supriatno, B. 2019. Analisis komponen penyusun desain kegiatan laboratorium bioteknologi. JURNAL BIOEDUKATIKA, 6(2), 84. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i2.10592
Maisari, A. 2012. Hubungan kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Penataan Sanggul Pada Siswa Kelas XI SMK N 7 Padang. Skripsi: Universitas Negeri Padang.
Munandar, U.2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nita, O. 2019. Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal KIBASP: 3 (1) 92-103.
Septiana, R., Gani, R.A., & Elizabeth, Y.2018. Hubungan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Proceedings: 1 (1).
Sudarisman,S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea: (2) 31.
Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiasworo, Erwin. 2018. Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.10178
Refbacks
- There are currently no refbacks.