Analisis Potensi Hasil Penelitian Etnobotani Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta sebagai Sumber Belajar Biologi SMA Materi Tumbuhan

Nida Dwi Handayani, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro

Abstract


Belum ada penelitian pendidikan yang mengangkat etnobotani sebagai sumber belajar siswa SMA kelas X materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Imogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan dan makna simbolik yang digunakan dalam Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo, serta mengetahui potensi sumber belajar materi Tumbuhan SMA kelas X pada tradisi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Abdi Dalem Juru Kunci. Objek dalam penelitian ini ialah tumbuhan yang digunakan dalam kegiatan Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan daftar dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat 44 jenis tumbuhan yang digunakan pada uborampe bunga dan sajian dalam tradisi. Makna simbolik dari tumbuhan yang digunakan pada tradisi tersebut ialah sebuah doa dan harapan baik semoga kesalahan para leluhur dimaafkan dan diberi tempat yang lebih baik oleh Allah SWT. Berdasarkan analisis potensi sumber belajar, hasil penelitian ini berpotensi sebagai sumber belajar biologi SMA kelas X materi tumbuhan pada divisi Spermatophyta.


Keywords


Etnobotani, Sumber Belajar, Tradisi Kuthomoro

Full Text:

PDF

References


Achmad, S. W. (2019). Sejarah Agama Jawa. Yogyakarta: Araska.

Arisandi, D. H. (2013). Tradisi Adzan Tumbal di Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul YogyakartaTradisi Adzan Tumbal di Dusun Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta. In Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Bangunjiwo, K. J. (2019). Tata Cara Pengantin Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Dewantoro, S. H. (2018). Sastrajendra (Ilmu Kesempuraan Jiwa). Banten: Javanica.

Hadisutrisno, B. (2009). Islam Kejawen. Yogyakarta: Eule Book.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningsih, E. (2012). Nilai Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Rasulan di Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul. In Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Nurhayati, E., Mulyana, M., Ekowati, I. V., & Meilawati, A. (2014). Inventarisasi Makanan Tradisional Jawa Unsur Sesaji di Pasar-Pasar Tradisional Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 124–140. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora/article/view/8039.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. (n.d.).

Pranoto, T. H. T. (2009). Tata Upacara Adat Jawa. Yogyakarta: Kuntul Press.

Puspita, A. R. (2018). Refleksi Kepercayaan Masyarakat Pesisir Pantai Prigi dalam Sajen Slametan Njangkar (Kajian Etnolinguistik). Jurnal Masyarakat & Budaya, 20(2), 261–272. Diunduh dari https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/view/614.

Rusli, M. S. (2010). Sukses Memproduksi Minyak Atsiri. Yogyakarta: Andi offset.

Suhardi, S. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: UNY Press.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Supinah, P. (2006). Sawer: Komunikasi Simbolik pada Adat Tradisi Suku Sunda dalam Upacara Setelah Perkawinan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 85–94. Diunduh dari https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1225.

Yahya, M. I. (2019). Tradisi Sedekah Laut Masyarakat Desa Labuhan Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Tahun 1990-2015. Avatara : E-Journal Pendidikan Sejarah, 7(1). Diunduh dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/26710#:~:text=Ritual%20sedekah%20laut%20adalah%20salah,kesimbangan%20lingkungan%20pesisir%20pantai%20serta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v4i1.10046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg