TELAH PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG FILSAFAT
Abstract
Artikel ini menyajikan uraian-uraian tentang pemikiran filsafat al-Ghazali. Mencakup di dalamnya tentang fase-fase perkembangan intelektual dan pemikiran al-Ghazali mulai dari Thus dan pengembaraannya ke berbagai negara sampai kembali ke Thus lagi, serta karya-karya yang dihasilkan dalam pengembaraannya. Pengalaman intelektual dan spiritual pengembaraannya dituangkan dalam karya otobiografinya dalam kitab al-Munqidz min al-Dlalal. Di antara penilaian al-Ghazali tentang filosof, dalam dalam al-Munqidz: Pertama, pengikut ateisme (al-Dahriyyun); kelompok ini merupkan golongan filosof yang mengingkari Tuhan yang mengatur alam ini dan menentang keberadaan- Nya. Kedua, Pengikut faham naturalisme (al-Thabiiyyun); mereka merupakan golongan filosof yang setelah sekian lama meneliti keajaiban hewan dan tumbuh-tumbuhan (alam atau thabiah) dan menyaksikan tanta-tanda kekuasaan Tuhan. Ketiga, penganut filsafat Ketuhanan (ilahiyyun); mereka adalah golongan filosof yang percaya kepada Tuhan, mereka para filosof Yunani seperti Socrates, Plato dan Aristoteles, serta orang-orang yang mengekor pada pemikiran mereka. Artikel ini juga mengeksplor tentang kritikan tajam al- Ghazali tentang filsafat dan para filosof Yunani dan Muslim, di mana al-Farabi dan Ibnu Sina dikafirkan oleh al-Ghazali karena pemikirannya tentang keabadiaan alam. Pembahasan yang tak kalah menarik tentang al-Ghazali tentang fisika dan metafisika. Pemikiran metafisika, yang dibangun oleh al-Ghazali tidak bisa lepas dengan masalah ketuhanan (ilahiyyat), dan al-Ghazali dalam masalah ketuhanan, dia banyak mengikuti dan membentengi aliran Asyariyah.
Kata Kunci: Al-Ghazali, Pemikiran, Filsafat, Metafisika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Khudori Soleh, Wacara Baru Filsafat Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
A. Mustofa, Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1997, hlm. Abu Bakar Abdurrazak, Inilah Kebenaran; Puncak Hujjah al-
Ghazali untuk Para Pencari Kebenaran, terj. Khaeron
Sirin, Jakarta: Penerbit Iiman, 2003.
Ahmad Daudy, Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang,
A-Ghazali, Abu Hamid, al-Iqtishad fi al-Itiqad, .
-------------, Maqashid al-Falasifat, Beirut: Dar al-Kutub al- Ilmiyah, 2002.
-------------, Tahafut al-Falasifah, Kairo: Dar al-Maarif, 1972.
-------------, Abu Hamid, Mukasyafatul Qulub, Kairo: Maktabah al-Taufiqiyah, tth., 3.
-------------, Ihya Ulumuddin, Pendahuluan Juz I, Kairo: Maktabah al-Iman Li al-Nasyr wa al-Tauszi, 1996.
Dedi Supriyadi, Pengantar Filsafat Islam; Konsep, Filosof dan
Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Hasyimsyah Nasution, MA, Filsafat Islam, Gaya Media Pratama, Jakarta: 2002.
Ibrahim Madkour, Fi al-Falsafah Islamiyyah: Manhaj wa Tathbiq, terj. Yudian Wahyudi Asmin, Jakarta: Bumi Aksara, cet. III, 2004.
Massimo Campanini, dalam Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, (Buku Pertama), Bandung: Mizan, 2003.
Poerwantana, dkk, Seluk Beluk Filsafat Islam, (Bandung: CV ROSDA, 1988).
Sayyed Hossein Nasr, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Bandung: Mizan, 2003.
Sirajuddin Zar, Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Sirajuddin Zar, Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Yunasril Ali, Perkembangan Pemikiran Falsafi Dalam Islam,
Bumi Aksara, Jakarta: 1991, Cet. I.
Zainal Abidin Ahmad, Riwayat Hidup Al-Ghazali, Jakarta: Bulan
Bintang, 1975.
Zurkani Jahja, Teologi al-Ghazali; Pendekatan Metodologi,
Yogyakara: Pustaka Pelajar, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v2i1.551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by
Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with
Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.
Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: [email protected]
ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.