Pesantren: Antara Transformasi Sosial Dan Upaya Kebangkitan Intelektualisme Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abullah, M. A. (2012). Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif (III). Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Ali, M. (1971). Beberapa Masalah Pendidikan di Indonesia. (Y. Nida, Ed.). Yogyakarta.
Bahwi, H. (2012). Peran intelektual pesantren indonesia dan. Karsa, 20(1).
Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES.
Greertz, C. (1960). The Javanese Kyai: The Changing Role of a Cultur Broker. Comparative Studies in Society and History, 2.
Hasan, M. (2015). INOVASI DAN MODERNISASI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN. KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman, 23(2), 295305. http://doi.org/10.19105/karsa.v2312.728
Horikoshi, H. (1986). Kiai dan Perubahan Sosial. (U. Basalim & A. Muarly, Ed.). Jakarta: Penerbit P3M.
Imron, A. (1993). Kepemimpinan Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Malang: Kalimasahada.
Ismail, F. (2004). Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dana Analisa Historis. (4, Ed.). Jakarta: Mitra Cendekia.
Khuriyah, Zamroni, & Sumarno. (2016). Pengembangan Model Evaluasi Pengelolaan Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1).
Madjid, N. (1985). “Merumuskan Kembali Tujuan pendidikan Islam” dalam Dawam Rahardjo. (P. D. P. M. dari Bawah, Ed.). Jakarta: P3M.
Mastuhu. (1997). Kyai Tanpa Pesantren: K.H. Ali Yafie dalam Peta Kekuasaan Sosial Islam Indonesia. (J. D & Rahman, Ed.). Bandung: Mizan.
Maulani, A. (2016). PEMBARUAN DAN PERAN SOSIAL TRANSFORMATIF PESANTREN DAN ISLAM INDONESIA Achmad Maulani Pendahuluan. Sosiologi Reflektif, 10(April 2016), 159–184.
Muhajir, N. (1984). Teori Perubahan Soial. Yogyakarta: Rake Sarasih.
Nasir, R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal; Pondok Pesantren di Tengah Arus Peradaban. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rahim, H. (2001). Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana.
Rofieq, A. (2004). Profil Umum Beberapa Aspek Pendidikan Formal yang diselenggarakan Pesantren se-Karesidenan Malang. In Mendongkrak Mutu Pendidikan. Malang: FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.
Shodiq, M. (2011). Pesantren dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosiologi Islam, 1.
Sholeh, M. N. (1997). Pesantren dalam Konstelasi Perubahan Zaman. (03, Ed.). Jakarta: L. Santri.
Solichin, M. M. (2012). Kemandirian pesantren di era reformasi 1. Nuansa, 9(Kemandirian Pesantren), 191–192.
Sumadi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3.
Suwadji. (2014). Manejemen Peningkatan Mutu Berbasis Pondok Pesantren. Edukasi, 2.
Syam, N. (2005). Islam Pesisir. Yogyakarta: LKIs.
Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahid, A. (1987). Kata Pengantar. Kyai dan Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.
Widjaja, I. W., & Swasono, M. F. (1983). Muhammad Hatta, Kumpulan Pidato II: dari tahun 1951 s.d. 1979. Jakarta: Inti Idayu Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v5i1.2145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIKRAH: JURNAL ILMU AQIDAH DAN STUDI KEAGAMAAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan is published by
Prodi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus incorporate with
Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam.
Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Phone: +6282331050629
Website: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/fikrah
Email: [email protected]
ISSN: 2354-6174 | EISSN: 2476-9649
Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan by Prodi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.