Manajemen Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI untuk Anak Autis di Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Abstract
This research aim know the management of PAI learning for autistic children in SDLB Sunan Kudus. This type of research is a qualitative descriptive research. The data collection techniques apply observation, interview, and documentation. From the data obtained, analysed by using the triangulation method. The findings of this research are the management applying of PAI learning for autistic children that showed by planning which prepared everyday and in accordance with the preparing procedure of PPI. The next, organizing of planning that has been prepared by providing resources who complement autistic children’s needs and adapting to their conditions. And than, organize the existing resources into PAI learning by importing simplified material and adapted to the conditions of autistic children in their daily lives. The evaluation of PAI learning is use the process evaluation and products evaluation during the learning is going on continuously with giving descriptive notes value.
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran PAI pada anak autis di SDLB Sunan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan metode triangulasi. Adapun temuan penelitian ini adalah manajemen yang diterapkan dalam pembelajaran PAI pada anak autis ditunjukkan dengan perencanaan yang disusun setiap hari dan sesuai dengan prosedur penyusunan PPI. Perencanaan yang sudah disusun selanjutnya dilakukan pengorganisasian dengan menyediakan sumber daya yang memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan kondisi mereka. Dari sumber daya yang ada diorganisasikan ke dalam pembelajaran PAI dengan cara memasukkan materi PAI yang sudah disederhanakan dan disesuaikan dengan kondisi anak-anak autis ke dalam kegiatan sehari-hari. Evaluasi pembelajaran PAI dilakukan dengan cara evaluasi proses dan evaluasi produk selama pembelajaran berlangsung secara terus-menerus dengan memberikan nilai dalam bentuk catatan deskriptif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albab, H. A. U. (2015). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Autis. AKADEMIKA, 9(2), 202–2015.
Ardina, R. (2018). Terapi ABA (Applied Behavior Analysis) Tingkat Dasar Efektif terhadap Perilaku Imitasi Aksi Anak Autis di Pusat Terapi LPSDM Graha Jiwa Indonesia Kab. Pringsewu. The Indonesian Journal of Health Science, 10(1), 89–94.
Ballerina, T. (2017). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. INKLUSI, 3(2), 245-266.
Dewi, R., Inayatillah, & Yullyana, R. (2018). Pengalaman Orangtua dalam Mengasuh Anak Autis di Kota Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 3(2), 288–301.
Efendy, H. (2018). Manajemen Pembelajaran dalam Penjaminan Mutu Pendidikan (Studi Multi Situs di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Pamekasan). Jurnal Fikrotuna: Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(1), 1001–1010.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.
Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif (1st ed.). Refika Aditama.
Hanum, L. (2014). Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 217–236.
Jessy, M., & Diswantika, N. (2019). Efektivitas Terapi Applied Behavior Analysis (ABA) terhadap Perkembangan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus Autisme. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 105–109.
Mardiana, A., Muzakki, I., Sunaiyah, S., & Ifriqia, F. (2020). Implementasi Program Pembelajaran Indiviual Siswa Tunagrahita Kelas Inklusi. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 177–192.
Musdalifa, & Panu, S. A. (2019). Implementasi Fungsi Manajemen Pembelajaran Berbasis Komputer di Sekolah Menengah. Meraja Jurnal, 2(1), 117–142.
Puspitasari, H. (2017). Standar Proses Pembelajaran sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah. Muslim Heritage, 1(2), 339–368.
Rahmahtrisilvia. (2010). Strategi Pembelajaran untuk Mengatasi Perilaku Tantrum pada Anak Autistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 1–10.
Sopandi, A. A. (2013). Pengembangan Kurikulum bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMK Negeri 4 Padang dalam Setting Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 1–9.
Suhendri. (2017). Manajemen Pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kota Medan. Sabilarrasyad, 2(2), 45–69.
Thomas, P. (2011). Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 6(1), 15–25.
Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109-120.
Yulisetyaningrum, M., A. R., & Alfijannah, I. Z. (2018). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Autisme. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1), 44–50.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.9014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.