Manajemen Kelas dengan Pendekatan Savi dan Model Examples Non Examples
Abstract
Abstract
This research is a classroom action research. The use of the Examples non-examples type learning model with the SAVI approach is proven to be able to increase student learning activities in Islamic Religious Education lessons. From the results of the evaluation, it was explained that students reached 77% able to master the material, so that the learning carried out by the teacher could change the passivity of students before the application of learning methods, to become more active in learning, followed by an increase in the value of student learning outcomes.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengaktifkan siswa ketika belajar di kelas. Siswa tidak hanya diam saja, akan tetapi guru juga mendapat respon dari materi yang telah disampaikannya. Respon siswa tidak hanya berasal dari siswa tertentu, akan tetapi dapat menyeluruh dalam kelas. Pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan memanfaatkan seluruh panca indera sangat ditekankan dalam pembelajaran SAVI ini. Penelitian Tindakan Kelas dipilih sebagai pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Pembelajaran dalam materi Pendidikan agama islam terbukti dengan pendekatan SAVI dengan model pembelajaran tipe Examples Non examples mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dari hasil evaluasi menjelaskan bahwa peserta didik mencapai 77% mampu menguasai materi, sehingga guru yang melakukan pembelajaran dapat mengubah pasifnya siswa sebelum penerapan metode pembelajaran, menjadi lebih aktif dalam belajar, diikuti dengan meningkatnya nilai hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Kasina. 2009. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan 8(1): 1–112.
Amrianto, A., and L. Lufri. 2019. “Effect of Example Non Example Method Implementation in Scientific Approach and Discovery Learning Model on VII Grade Students’ Cognitive Competence in Learning Natural Science.” Journal of Physics: Conference Series 1387(1).
Fitrah, Muh., and Luthfiyah. 2018. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Mariati, Siti, and Amalia Riyanti Ningsih. 2016. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengahafal Hadist Dengan Model SAVI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III Di MI Darun Najah Tulangan Sidoarjo.” Penelitian Tindak Kelas Pendidikan Agama Islam 7(1): 78–80.
Mashudi, Imam. 2017. “Implementasi Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Berempati Itu Mudah Menghormati Itu Indah Dengan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D Di SMPN 2 Tugu Trenggalek Tahun Pelajaran 2016-2017.” Tarbawi 1(1): 12.
Masnah. 2018. “Pendekatan Savi: Model Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Smpn 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang.” Dewantara 4(2).
Maulidiah, Dian, Fadillah, and Desni Yuniarni. 2016. “Peningkatan Perkembangan Kognitif Melalui Pembelajaran Sains Pemula Dengan Metode Proyek Di Taman Kanak-Kanak.” FKIP UNTAN, Pontianak.
Muslih, Muhammad. 2016. “Tren Pengembangan Ilmu Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam 6(1): 220–47.
Pujiono, Setyawan. 2008. “Desain Penelitian Tindakan Kelas Dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka.” Workshop Action Research untuk Guru-guru di MAN 1 Yogyakarta.
Surur, Agus Miftakus. 2017a. “Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017).” Prosiding Seminar Nasional PPKn III: 1–8.
———. 2017b. “Peningkatan Fluency Dan Elaboration Dengan Modified Free Inquiry.” EDUDEENA 01(01): 21–29.
———. 2019. “Standart Kinerja Pengajaran Dosen Pendidikan Matematik.” Factor M 2(1).
Surur, Agus Miftakus, and Kharisma Nur Cholifah. 2018. “Good Governance Pada Kepengurusan Pondok Pesantren Putri Al-Amien.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 261–74.
Surur, Agus Miftakus, Habib, and Pandi Rais. 2017. “The Application Program of the Preparation of the Syllabus and Learning Implementation Plan (RPP) 2013 Curriculum on Teachers Madrasah Ibtidaiyah.” Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED) 2(Innovations, Approaches, Challenges, and THE Future): 246–253.
Surur, Agus Miftakus, and Aullia Rahmawati. 2018. “Organisasi Luar Sekolah Untuk Peningkatan Karakter (Studi Kasus Di IPNU IPPNU Ranting Ngreco Kota Kediri).” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7(1): 347–56.
Susilo, M. Joko. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tim Pengembang Imu pendidikan FIP-UPI. 2009. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA.
Widodo, Wahyu. 2016. “Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar.” Ar-Risalah 18(2).
Wijanarko, Yudi. 2017. “Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan.” JURNAL TAMAN CENDEKIA 1(1).
Yensi, Nurul Astuti. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP N 1 ARGAMAKMU.” Exata 10(1): 26–27.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i1.7300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.