Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Rini Dwi Susanti

Abstract


Guru kelas mempunyai peran dan tugas yang kompleks dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sering sekali guru menemukan kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa. Kesulitan belajar untuk siswa kelas satu di sekolah dasar lebih sering ditemukan pada kesulitan akademik yang meliputi kesulitan belajar menulis, kesulitan belajar membaca dan kesulitan belajar berhitung. Kesulitan belajar tersebut dapat diagnosis dengan mengidentifikasi kasus, mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar. Kesulitan belajar akademik siswa di kelas satu sekolah dasar ini dapat diantisipasi dengan pembiasaan yang continue sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara bertahap.

Kata kunci: Guru kelas, kesulitan belajar akademik.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. 1991

Dimyati dan Mujiyono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud, 1994

Elfi Mu’awanah& Rifa Hidayah, Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Imam Musbikin, Guru Yang Menakjubkan, Jogjakarta: Buku Biru, 2010

Iskandarwassid & Dadang Suhendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Khoirunnisa, Peran Guru dalam Pembelajaran dalam Prosediing seminar Nasional Tahunan, Medan: Universitas Negeri Medan, 2017 dalam http://semnasfis.unimed.ac.id diakses tanggal 28 November 2018

Najib Sulhan, Pembangunan Karakter pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektifi, Surabaya: SIC, 2006

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung : PT Sinar Baru Algesindo, 2009

Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT Grafindo Raja Persada, 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: