Kegiatan Pengembangan Diri Dalam Menggali Potensi Anak Tunanetra Di Panti Tunanetra Aisyiyah Ponorogo

Heny Kristiana Rahmawati

Abstract


Pada setiap orang ada kecenderungan atau dorongan untuk mewujudkan potensinya, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, dorongan untuk mengungkapkan dan mengaktifkan semua kapasitas seseorang. Akibat dari ketunanetraan, maka pengenalan atau pengertian terhadap dunia luar anak, tidak dapat diperoleh secara lengkap dan utuh. Akibatnya perkembangan kognitif anak tunanetra cenderung terhambat dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya. Apabila lingkungan dapat memberikan kesempatan untuk berbuat, serta membantu anak tunanetra untuk melakukan penyesuaian sosial yang sebaik-baiknya, niscaya perkembangan kepribadian anak tunanetra tidak berbeda sebagaimana layaknya anak normal lainnya. Dalam pembahasanya kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik, observasi dan wawancara langsung terhadap kegiatan pengembangan diri anak tunanetra di Panti Asuhan Aisyiyah Ponorogo. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan di panti, wajib diikuti oleh seluruh anak asuh. Bentuk kegiatan pengembangan diri yang dilakukan terhadap anak tunanetra di Panti Asuhan Tunanetra Aisyiyah Ponorogo mencangkup 3 jenis kegiatan yaitu Tarbiyah Islamiyah, Pelajaran Kecakapan, dan Ekstra Kurikuler.

Kata Kunci : anak tunanetra, pengembangan diri, potensi


Full Text:

PDF

References


Al-Quran Terjemah,

Abdul Mujib, Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada,2011.

Abdul Mujib, Kepribadian Dalam Psikologi Islam, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Agoes Soejanto, Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Ardi, Jenis-Jenis Intelegensi Menurut Dr. Howard Gardner, (online), http://www.psy chologymania.com/2011/07/jenis-jenis-intelegensi-menurut-howard.html.

Asrul, Pengertian Potensi, (online), http://id.scribd.com/doc/92844558/Pengertian-Potensi.

Chatib Munif, Sekolahnya Manusia, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009.

Futiati Romlah, Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam, (Ponorogo: STAIN Ponorogo PRESS, 2006.

Jibrilia Ang, Pengertian Pengembangan Diri, (online), http:// www. siswo.web.id /2012 /08/pengertian- pengembangan- diri. html.

Mohammad Efendi, Pengantar Psikopedagogik anak berkelainan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Solihin Mukhtar, et al., Hakikat Manusia, Bandung: CV Pustaka Setia, 2005.

Suparlan, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2004), 39.

Sutjihati Somantri, Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: PT Refika Aditama, 2006.

Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Utami Munandar, Kreatifitas dan Keberbakatan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2002.

Yusuf Syamsu, Teori Kepribadian, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v2i1.4463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: