Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus

Etty Mutammimah

Abstract


Etty Mutammimah. “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas  X”. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya motivasi belajar bagi siswa, kurangnya motivasi belajar siswa berdampak pada proses belajar mengajar dan hasil prestasi siswa. Motivasi belajar memberikan pengaruh yang besar terhadap  kesiapan siswa. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan Media Audiovisual pada Siswa kelas X MAN 1 Kudus? dan apakah  layanan bimbingan kelompok dengan Media Audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar Siswa kelas X MAN 1 Kudus? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok dengan media audiovisual terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MAN 1 Kudus. Untuk meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok dengan media audiovisual pada kelas X MAN 1 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling Subjek penelitian adalah10 siswa yang terdiri atas 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. siswa kelas X  MAN 1 Kudus Tahun 2015/2016. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, skala psikologi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan membahas 3 topik dengan alokasi waktu 1x60 menit. Berdasarkan hasil pre-test tindakan bimbingan kelompok motivasi belajar siswa dalam kategori rendah dengan skor rata-rata 64,6. Setelah diberi bimbingan kelompok siklus I motivasi belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 72,4 menjadi motivasi belajar tinggi. Pada siklus II motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 84,2. Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X  MAN 1 Kudus tahun ajaran 2015/2016. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2005. Manajemen penelitian. Cetakan ketujuh, Jakarta: Rineka cipta.

_______. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawai Pres.

Corey, G. 2003. Teori dan Praktek konseling dan psikoterapi.Bandung: Reflika Aditama.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djamarah, Syiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. 2002 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Seni

Hurlock, E.B. 2005. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan.Jakarta: Erlangga.

IKIP PGRI Semarang, 2013. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi Serta Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ilmu Pendidikan.Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Nasution, H. 2004. Didaktik Asas-Asas Mengajar.Bandung: Bumi Aksara.

Natawidjaja, R. 2009. Konseling Kelompok & Konsep Dasar Pendekatan. Bandung: Rizkqi Press.

Prayitno.1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Prayitno & Erman Amti. 2008. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno, 2004.Seri Lyanan L.6.7 Konseling. Layanan Bimbingan Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2004. Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusmana, Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Rusman, dkk. 2011. Teknologi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2008. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). Bandung: Wacana Prima.

Santoso, Totok. 2000. Layanan Bimbingan di Sekolah Menengah. Semarang: Satya Wacana.

Santrock. J.W. 2007. Adolescence: Perkembangan Remaja (alih bahasa Shinto B.Adelar dan Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Sardiman A.M. 2000. Model Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grafindo Persada.

Schunk, D.H., Phintrich, P.r. dan Meece, J.L. 2008. Motivation in education theory, research, and aplicatin. New Jersy: Merrill Prentice Hall

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

¬¬¬¬______. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman, 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing, Yogyakarta: Paramitra.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sutoyo, A. 2012. Pemahaman Individu Oservasi, Checklist, Interview, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno,H.B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_______ 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di bidang Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

_______ 2012. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W.S.1991.Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Jakarta: Grasindo.

_______ 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Wibowo, M, E 2005 Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES PRESS.

Widjaja, H.A.W. 2008. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v2i1.3932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: