PEMANFAATAN DAN DAMPAK PENGGALIAN TANAH TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA KLUMPIT KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

Dany Miftah Nur

Abstract


Penggalian tanah merupakan usaha untuk menggali tanah yang hasilnya dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia secara praktis atau ekonomi, sebagaimana aktivitas penggalian tanah yang dilakukan oleh sebagian masyarakat desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan dengan pendekatan deskriptif analisis. dengann perspektif sosiologi.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tentang pemanfaatan penggalian tanah terhadap kondisi masyarakat desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 2) Mengetahui bagaimana dampak yang diakibatkan dari penggalian tanah bagi masyarakat sekitar di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 3) Mengetahui bagaimana tanggapan dan respon masyarakat terhadap kegiatan penggalian tanah di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. 4) Mengetahui bagaimana upaya masyarakat dalam menjaga lingkungan terutama untuk meminimalisir dampak negatif dari penggalian tanah di desa Klumpit kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v3i2.6299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.