PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS

Auhad Jauhari

Abstract


Anak-anak penyandang cacat memiliki hak yang sama dengan anakanak
pada umumnya untuk mendapatkan pendidikan. Sayangnya,
ketersediaan pendidikan yang memadai untuk anak berkebutuhan
khusus tidak memadai dan setara. Karena penyediaan sekolah luar
biasa hanya ada di kota-kota besar. Pendidikan inklusi datang
sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah sosial anak
penyandang cacat. Tujuan pembentukan sekolah inklusif adalah
meminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh sikap eksklusif.
Sekolah inklusi juga memberi kesempatan kepada anak
berkebutuhan khusus dan kurang mampu menempuh pendidikan
pascasarjana.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alimin, Z. (2005). Memahami Pendidikan Inklusif dan Anak

Berkebutuhan Khusus.Makalah tidak diterbitkan. Bandung:

Jurusan PLB FIP UPI.

Bandi Delphie. (2009), Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus,

Sleman: PT Intan Sejati

Departemen Sosial. (2009), Pedoman Advokasi Sosial Penyandang

Cacat. Direktorat Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial

Penyandang Cacat.

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. (2004), Mengenal Pendidikan

Terpadu Ditjend. Pend. Dasar dan Menengah Dep.

Pend.Nasional.

Fientje Palijama, Rehabilitasi Sosial Anak Cacat (Penerapan Prinsip

Pengasuhan Anak Cacat Oleh Panti Sosial Bina Asih Leleani Di

Kota Surakarta), Tesis. Program Pascasarjana, Ilmu

Kesejahteraan Sosial, Bidang Ilmu Sosial Universitas

Indonesia.

Mohammad Takdir Ilahi. (2013), Pendidikan Inklusif .Jogjakarta: Ar-

Ruzz MediaPurwanta (2002), Makalah disampaikan dalam

Temu Ilmiah PLB Tingkat Nasional

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009

Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki

Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat

Istimewa

Sunardi (1995), Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa, Jakarta

: Dikti, Dekdikbud.

Tarmansyah. (2007), Inklusi Pendidikan Untuk Semua, Jakarta:

Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.